TINJAUAN PENGGUNAAN METODE LEAN CONSTRUCTION PADA PROYEK KONTRUKSI (Studikasus Pada Pesona Alam Estate)

  • Welmy Kololu Universitas Pattimura
  • B. J. Camerling Universitas Pattimura
Keywords: Lean Construksi, Proyek Kontruksi, Potensi Penerapan

Abstract

Setiap pelaksanaan proyek konstruksi tidak lepas dari berbagai kendala ataupun kegagalan, yang antara lain disebabkan oleh rendahnya kinerja ataupun produktivitas tenaga kerja, perencanaan proyek yang kurang matang, anggaran proyek membengkak, dan juga spesifikasi yang tidak sesuai. Untuk itu perlu adanya perbaikan perencanaan dengan menggunakan metode Lean Construction, yang meliputi pengidentifikasian waste, resiko dan estimasi kebutuhan proyek (waktu, sumber daya, dan biaya).Lean construction adalah cara untuk mendesain sistem produksi untuk meminimalkan waste dalam bahan material, waktu, dan usaha untuk menghasilkan nilai (value) semaksimum mungkin (Abdelhamid dan Salem, 2005). Lean merupakan cara baru untuk memikirkan dan melakukan pekerjaan di konstruksi.mengoptimalkan Pekerjaan Kontruksi Pesona Alam Estate Menurut Pandangan Kontraktor, Pengawasdan Suplier. Hal ini terlihat dengan nilai Chi-Square yang menunjukan tidak ada perbedaan jawaban antara ketiga pelaku kontruksi yaitu kontraktor, Pengawas dan Suplier yang menyatakan sangat perlu untuk penerapan Lean Construction dalam pekerjaan mereka.Tingkat kesulitan penerapan metode Lean Cnstruction masih dirasakan merupakan kendala bagi ketiga pelaku pekerjaan kontruksi Pesona Alam Estate.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, M., danRoza, H.A. (2006). Indonesian Contractors' Readiness towards Lean Construction, Proceedings of the 14 Annual C'onfrrence of International Group for Lean Construction, Santiago, Chile.

Abduh, Muhamad. (2005). Konstruksi Ramping; MemaksimalkanValue danMeminimalkanWaste.FakultasTeknikSipildanLingkungan, InstitutTeknologiBandung.

Alves, T. danTsao, C. (2007), “LeanConstruction 2000 to 2006â€, Lean Construction Journal, Vol. 3, No. 1, hal. 46-70

Anggraeni, Nyoman. 2009. Penerapanmetodepenjadwalan Critical Chain danLeanConstruction DalamPerencanaandanPengendalianProyekKonstruksi (StudiKasus : PT.. AdhiKarya (Persero), Tbk, TugasAkhir. JurusanTeknikIndustri ITS, Surabaya.

Ballard, G danPollat,G. (2004)†Waste in Turkish constructionâ€, Lean construction Journal, Vol 3, no.1, hal. 3-5

Ballard, G. (1999). The Last Planner System of Production Control, Dessertation, University of Birmingham, Birmingham.

Bossink, B.A.G danBrouwers, H.J.H., (1996).Construction Waste : Quantification and Source Evaluation. Journalof Construction Engineering and Management. March, 55-60

Cooke, B., Williams, P., 2004. Construction planning, programming & control. UK: Blackwell.

Ervianto, W.I., 2005, Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi), Penerbit Andi, Yogyakarta.

Linggasari, M.I.D., (2004) Pengaruh Total Quality Management (TQM) untuk Mengurangi Waste pada Proyek Konstruksi, TA, JTS, FT.,UNTAR.

Messah, Y.A. 2011, Kajian Hubungan Waste Material Konstruksi dan Organisasi Proyek Konstruksi, Jurnal Teknik Sipil, Vol 1.no1. FST, Undana, Kupang.

Muktian, Yulianur, A., dan Fatimah, E., 2013, Studi Faktor- faktor Utama Penyebab Pemborosan Material (Material Waste) Pada Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi Provinsi Aceh, diakses 2 Maret 2014.

Purnatha, I P G J., 2013 Studi Mengenai Construction Waste pada Proyek Konstruksi di Daerah Kabupaten Badung, TA. TS, UAJY

Ratnasari, T. 2014, Studi Mengenai Construction Waste Pada Proyek Konstruksi Di Surakarta, S1 Tugas Akhir, Teknik Sipil, Fakultas Teknik, UAJY.

Rahmawati, F dan Hayati, D.W. 2013,Analisa Sisa Material Konstruksi Dan Penanganannya Pada Proyek Gedung Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya, Konteks7, Jurusan Teknik Sipil, ITS.

Trisiana, A., Wiguna, I. P.A. dan Rahmawati, F. 2011, Analisis Faktor Risiko Waste Pada Proyek Konstruksi Gedung Di Kota Jember, Tesis, MTS ITS.

Wejoseno, H. 2011, Studi Mengenai Construction Waste pada Proyek Konstruksi di DIY, S1 Tugas Akhir, Teknik Sipil, Fakultas Teknik, UAJY.

Published
2017-09-15
How to Cite
Kololu, W., & Camerling, B. J. (2017). TINJAUAN PENGGUNAAN METODE LEAN CONSTRUCTION PADA PROYEK KONTRUKSI (Studikasus Pada Pesona Alam Estate). ARIKA, 11(2), 109-118. https://doi.org/10.30598/arika.2017.11.2.109
Section
Articles