Analisis Pola Rute Distribusi Paket pada PT. Pos Indonesia (Persero) Ambon dengan menggunakan Metode Travelling Salesman Problem dan Differential Evolution

  • D. B. Paillin Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • Meisly Tamaela Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
Keywords: Distribusi, Travelling Salesman Problem, Differential Evolution, Minimasi Biaya

Abstract

PT. POS Indonesia (PERSERO) Ambon merupakan badan usaha milik Negara yang bergerak di layanan pos dan distribusi. Proses distribusi terbagi menjadi 2 proses yaitu proses distribusi surat dan distrbusi paket (barang). Dalam proses distribusi paket dilakukan pada 5 kecamatan yang ada di Kota Ambon. Dengan luasnya rute distribusi yang harus dilalui petugas pos dalam mendistribusikan paket maka perlu dilakukan analisis pola rute pendistribusian paket terpendek dari semua rute yang ada sehingga memperoleh jarak dan waktu tempuh yang optimal.Dalam meneyelesaikan permasalahan perusahaan dapat dilakukan dengan menggunakan metode Travelling Salesman Problem dan metode Differetcial Evolution. Metode Travelling Salesman Problem merupakan sebuah metode yang digunakan untuk meminimasi biaya distribusi dengan cara mencari jarak dan rute terdekat, waktu tercepat dan biaya yang minimal dan metode Differential Evolution digunakan untuk menemukan solusi terbaik dari semua solusi yang ada.Hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode Travelling Salesman Problem untuk jalur dalam kota adalah 58,81 Km dengan penghematan jarak sebesar 22,39% dan total jarak untuk jalur luar kota adalah 74,65 km dengan penghematan jarak sebesar 13,56%. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode Differential Evolution adalah 54,71 km untuk jalur dalam kota dengan penghematan jarak sebesar 27,80% dan 71,74 km untuk jalur luar kota dengan penghematan jarak 16,93%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Tsana Kamilia, (2017)., Kinerja PT.POS Indonesia (Studi Kasus Pengiriman Paket Pos di Kota Pekanbaru). Universitas Riau.

Eka, (2010)., Penentuan Rute Distribusi Produk Minuman Ringan PT. Coca-Cola Distribution Indonesia DC Pontianak Menggunakan Metode Travelling Salesman Problem. Pontianak: FT-UNTAN.

Fahmi Fuadi Al Akbar & Sumiati (2013)., Penentuan Rute Distribusi The Botol Menggunakan Metode Traveling Salesman Problem (TSP) Untuk Minimasi Biaya Distribusi.

Munir, Rinaldi., (2006)., Algoritma Branch and Bound, Bandung:Institut Teknologi Bandung.

Moh. Ray Rizaldy, (2007)., Algoritma Branch and Bound Untuk Optimasi Pengiriman Surat Antar Himpunan di ITB. Bandung. Institut Teknologi Bandung.

Paillin, D. B., & Sosebeko, F. (2017)., Penentuan Rute Optimal Distribusi Produk Nestle Dengan Metode Traveling Salesman Problem (TSP)(Studi Kasus: PT. Paris Jaya Mandiri). Jurnal ARIKA, Vol 11 No. 1, pp. 35-44.

Paillin, D. B., & Tupan, J. M. (2018)., Pemecahan Travelling Salesman Problem Menggunakan Teknik Branch and Bound dan Cheapest Insertion Heuristic (Studi Kasus: PT. Paris Jaya Mandiri-Ambon). In Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 2018 Surakarta 7-8 Mei.

Santosa, Budi. (2017)., Pengantar Metaheuristik : Implementasi dengan Matlab. Surabaya: ITS Tekno Sains

Published
2019-09-25
How to Cite
Paillin, D. B., & Tamaela, M. (2019). Analisis Pola Rute Distribusi Paket pada PT. Pos Indonesia (Persero) Ambon dengan menggunakan Metode Travelling Salesman Problem dan Differential Evolution. ARIKA, 13(2), 75-86. https://doi.org/10.30598/arika.2019.13.2.75
Section
Articles