Analisis Hasil Kombinasi Produk dan Tingkat Penjualan dalam upaya Memaksimalkan Keuntungan pada Pabrik Roti UD. Arsita Ambon

  • D. B. Paillin Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • V. O. Lawalata Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • Aprilia Indah Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
Keywords: Kombinasi Produk, Linier Programming, Metode simpleks

Abstract

Setiap perusahaan didirikan untuk dapat memenuhi keinginan para pemiliknya. Untuk dapat memenuhi keinginan pemilik perusahaan, maka banyak perusahaan yang memproduksi lebih dari satu jenis produk. Masalah kombinasi produk yang sering dihadapi perusahaan, yaitu menentukan jumlah masing-masing item produk yang harus diproduksi. Dalam menghadapi masalah ini Pabrik roti UD. Arsita Ambon harus dapat mengambil keputusan berapa jumlah masing-masing produk apa saja yang akan diproduksi dengan menggunakan sumber daya yang ada secara tepat untuk memperoleh hasil yang optimal. Kombinasi produk adalah ukuran terhadap apa dan berapa banyak barang-barang yang diproduksi oleh suatu perusahaan tertentu. Metode simpleks merupakan bagian dari program linear yang digunakan sebagai alat untuk memecahkan permasalahan pada pabrik UD. Arsita Ambon. Langkah – langkah pada analisis Linier Programming adalah penentuan fungsi tujuan, penentuan fungsi batasan, dan analisis sensitivitas dengan menggunakan aplikasi WINQSB. Berdasarkan hasil optimasi, Apabila UD Arsita Ambon ingin berproduksi sesuai dengan kondisi optimalnya, sebaiknya memproduksi roti masing-masing roti coklat 2091 unit, roti mocca 518 unit, dan roti coklat pandan 391 unit. Dengan berproduksi secara optimal UD.Arsita ambon dapat memperoleh tambahan keuntungan yaitu Rp 717.292 per hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahya, D. S. D. (2016). Penerapan Kombinasi Produk Dengan Menggunakan Linear Programming Untuk Memaksimalkan Keuntungan Pada Ciwawa Cake And Bakery , Tugas akhir, Fakultas Ekonomi Unpas).

Heizer, J., & Render, B. (2004). Operations Manajemen (Seventh Ed). New Jersey: Pearson Education-Printice Hall.

Hilier, F. S., & Lieberman, G. J. (2001). Introduction to Operational Research. In Introduction to Operational Research (Seventh Ed). New York, USA: McGraw Hill.

Limbardo, R. P. (2014). Penerapan linear programming pada formulasi tepung terigu dan tepung sagu dalam pembuatan roti tawar.

Reksohadiprodjo, S., & Indriyo, G. (1987). Manajemen Produksi. Yogyakarta: BPFE.

Siagian, P. (1987). Penelitian Operasional : Teori dan Praktek (Edisi 1). Jakarta: UI-Press.

Sunarsih, & Ramdani, A. K. (2003). Metode simpleks primal menggunakan working basis. Jurnal Matematika Dan Komputer, 6(3), 167–178.

Published
2020-04-08
How to Cite
Paillin, D. B., Lawalata, V. O., & Indah, A. (2020). Analisis Hasil Kombinasi Produk dan Tingkat Penjualan dalam upaya Memaksimalkan Keuntungan pada Pabrik Roti UD. Arsita Ambon. ARIKA, 14(1), 53-64. https://doi.org/10.30598/arika.2020.14.1.53
Section
Articles