ANALISIS PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PAKAN TERNAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE LOT SIZING (Studi Kasus Pada PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Unit Makassar)

  • A. Besse Riyani Indah Universitas Hasanuddin
  • Sapta Asmal
  • Khalifah Amalia
  • Dian Pratiwi Sahar
  • Gerard Antonini Duma
Keywords: Persediaan, Pakan Ternak, Algoritma Wagner-Whitin (AWW), Fixed Period Requirement (FPR)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah tingginya total biaya persediaan pada bahan baku pakan ternak kategori mayor dalam penelitian ini bahan baku tersebut diantaranya Jagung Lokal, Wheat Bran Pellet, Biji Batu dan Katul. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kuantitas pemesanan (lot size) agar diperoleh total biaya yang minimum. Pada penelitian ini dilakukan perencanaan persediaan menggunakan Fixed Period Requirement (FPR) dan Algoritma Wagner-Whitin (AWW) dengan mempertimbangkan kuantitas pemesanan. Langkah awal yang dilakukan ialah peramalan permintaan menggunakan Weighted Moving Average dan Single Exponential Smoothing, kemudian dilakukan perbaikan terhadap manajemen persediaan bahan baku pakan ternak kategori mayor, dengan menentukan safety stock dan reorder point, kuantitas pemesanan optimal, dan total biaya persediaan. Hasil dari penelitian yang dilakukan ialah diperoleh safety stock dan reorder point setiap jenis material untuk mengantisipasi apabila terjadi stock out, serta lot size yang optimal agar tidak terjadi overstock. Hasil yang didapatkan setelah melakukan perhitungan menggunakan  FPR adalah sebesar Rp. 68.836.795.791 dan AWW menunjukkan hasil sebesar Rp 3.216.795.791 Berdasarkan hasil tersebut maka metode yang menghasilkan total biaya minimum adalah  AWW.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-28
How to Cite
IndahA. B., AsmalS., AmaliaK., SaharD., & DumaG. (2021). ANALISIS PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PAKAN TERNAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE LOT SIZING (Studi Kasus Pada PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Unit Makassar). ARIKA, 15(1), 29-36. https://doi.org/10.30598/arika.2021.15.1.29
Section
Articles