Analisis Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Sustainability pada Industri Kecil dan Menengah Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

  • A. Besse Riyani Indah Universitas Hasanuddin
  • Nadzirah Ikasari Program Studi Teknik Industri, Universitas Hasanuddin, Gowa, Indonesia
  • Dian Pratiwi Sahar Program Studi Teknik Industri, Universitas Pattimura, Ambon, Indonesia
Keywords: IKM; Sustainability; Pandemi Covid-19; Analytical Hierachy Process (AHP); Sustainability policy

Abstract

IKM di Indonesia mulai berkembang dengan berbagai jenis usaha khususnya di Kota Makassar. Dalam menjalankan usahanya setiap IKM dituntut untuk mempertahankan keberlanjutan (sustainability) usahanya. Sustainability merupakan hal yang perlu diperhatikan jika IKM ingin tetap bertahan dan bersaing dalam skala lokal, nasional, hingga internasional. Sustainability mencakup tiga aspek utama yaitu ekonomi, lingkungan, dan sosial. Dimasa pandemi Covid-19 beberapa IKM mengalami permasalahan dalam menjalani usahanya, dan hal tersebut menyebabkan beberapa IKM tidak dapat mencapai target sustainability. Berdasarkan permasalahan ini maka dilakukan penelitian untuk melakukan analisis dampak pandemi Covid-19 terhadap sustainability pada IKM khususnya di Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini akan diketahui aspek sustainability yang tidak dapat dicapai secara maksimal oleh IKM karena dampak dari pandemi Covid-19. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierachy Process (AHP). Metode AHP merupakan metode yang digunakan untuk membantu menyusun suatu prioritas dari berbagai pilihan dengan menggunakan beberapa kriteria (multi criteria). Berdasarkan data yang diolah dengan AHP kriteria dengan tingkat kepentingan yang tinggi adalah kriteria ekonomi, sedangkan berdasarkan hirarki alternatif pada masing-masing kriteria diperoleh hasil bahwa Kesehatan dan keselamatan (sosial), kurangi penggunaan energi (lingkungan), dan keuntungan (ekonomi) merupakan alternatif yang memiliki nilai kepentingan tertinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-31
How to Cite
Indah, A. B., Ikasari, N., & Sahar, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Sustainability pada Industri Kecil dan Menengah Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). ARIKA, 15(2), 65-78. https://doi.org/10.30598/arika.2021.15.2.65
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)