Kajian Desain Kapal Pukat Cincin yang Berpangkalan di Pusat Pendaratan Ikan Desa Eri Kota Ambon

  • Obed Metekohy Universitas Pattimura
Keywords: Koefisien bentuk, Pukat Cincin, Ukuran kapal

Abstract

Keselamatan nelayan dalam  melaut  untuk menangkap ikan adalah hal utama yang harus dipertimbangkan  bagi seorang desainer dalam rancang bangun kapal danalat tangkap sehingga operasional  penangkapan dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan hasil tangkapan dan dapat menjamin keselamatan kapal, alat tangkap dan nelayan selama melakukan operasi penangkapan  di laut.Penelitian ini ditujukan untuk meneliti desain kapal pukat cincin yang berpangkalan di PPI desa Eri Kota Madya Ambon.Metode yang digunakan adalah metode survey.Hasil penelitian menunjukkan karakteristik parameter desain koefisien bentuk kapal 30 % dan nilai perbandingan ukuran utama kapal 49 % belum memenuhi nilai standar rancang bangun kapal ikan. Sehingga kapal ini tidak aman untuk mengoperasikan peralatan tangkap jaring lingkar(purse seine).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayodhyoa (1972). Fishing Boat Correspondec Cource Center. Fakultas Perikanan, IPB, Bogor

Fyson, J. (1985). Design of Small Fishing Vessels.

FAO United Nations. (1996). Fishing New book Ltd. Englands.

Firdman, A. L. (2010). Calculation Fishing Gear Design. FAO United Nations. Fishing New Book Ltd Englands.

Kantu, L. (2013). Desain dan Parameter Hidrostatis Kasko Kapal Fibreglass Type Pukat Cincin 30GT di Galangan CV Bahari Nusantara Minahasa Sulawesi. Jurnal Ilmu & Teknologi PerikananTangkap, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi Manado, Volume 1 No 3.

Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (2011). Kajian Analisa Trend Kecelakaan Tranportasi. KNKT, Jakarta.

Nomura, M., & Yamazaki, T. (1977). Fishing Techniques. Japan International, Tokyo.

Pasaribu, B.P. (1986). Pengembangan Kapal Ikan di Indonesia Dalam Rangka Implementasi Wawasan Nusantara. Prosiding. IPB. Bogor.

Pangalila, (2007). Studi Tentang Stabilitas Statis Kapal Ikan Tipe Lambut yang Berpangkalan di Tempat Pelelangan Ikan Aertembaga Kota Bitung Sulawasi Utara. Tesis Program Pascasarjana Unsrat Manado.

Saiye, Z. (1995). Studi Tentang Beberapa Karakteristik Dinamis Kapal Pukat Cincin Di Kecamatan Bitung. Jurnal Fakultas Perikanan Unsrat Manado.

Suzuki, O. (1978). Handbook For Fisheries Scientist and Technologist. Training Dept. SEAFDEC Thailand

Subroto, M. A. (2000). Teknik Kapal Penangkap Ikan. Depertemen P&K, Jakarta

Published
2021-02-28
How to Cite
Metekohy, O. (2021). Kajian Desain Kapal Pukat Cincin yang Berpangkalan di Pusat Pendaratan Ikan Desa Eri Kota Ambon. ARIKA, 15(1), 51-58. https://doi.org/10.30598/arika.2021.15.1.51
Section
Articles