DESAIN INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA INDUSTRI KECIL DI KOTA AMBON DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada CV. Mutiara Indah di Desa Batu Merah-Ambon)

  • Fervin M. Likumahwa Universitas Pattimura
  • V. O. Lawalata Universitas Pattimura
Keywords: CV. Mutiara Indah, Pengukuran Kinerja, Metode Balanced Scorecard

Abstract

CV. Mutiara Indah adalah industri rumah di kota Ambon yang bergerak di bidang kerajinan kerang mutiara. Industri ini belum pernah melakukan pengukuran kinerja perusahaan. Kondisi ini disebabkan oleh tidak tersedianya sumber daya yang memadai seperti karyawan yang kompeten dan aplikasi atau teknologi yang relevan. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi target strategis yang akan digunakan untuk merancang sistem pengukuran kinerja, serta merancang instrumen dan aplikasi untuk pengukuran kinerja perusahaan menggunakan metode Balanced Scorecard. Hasilnya menunjukkan tujuan strategis dan indikator kinerja utama (KPI) yang akan digunakan untuk mengukur kinerja yang terdiri dari meningkatkan rasio profitabilitas, meningkatkan rasio likuiditas, meningkatkan rasio efektivitas, meningkatkan kualitas layanan pelanggan, menurunkan keluhan pelanggan, meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan loyalitas pelanggan, meningkatkan pertumbuhan pelanggan baru, meningkatkan kualitas produk, produktivitas biaya produksi, meningkatkan produktivitas karyawan, meningkatkan kemampuan karyawan dan meningkatkan kepuasan karyawan, profitabilitas, ROCE (Return On Capital Employed), ROE (Return On Equity) , Pertumbuhan Pelanggan Total, Pangsa Pasar, Tingkat Penanganan Keluhan Pelanggan, Akuisisi Pelanggan, Profitabilitas, Persentase Produk Cacat dan Produktivitas Biaya Produksi, Tingkat Produktivitas Karyawan, dan Jumlah Pelatihan Karyawan. Instrumen pengukuran kinerja menggunakan indikator ini diberi skala pengukuran yang secara kumulatif menunjukkan tingkat kinerja keseluruhan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-03-12
How to Cite
Likumahwa, F., & Lawalata, V. O. (2016). DESAIN INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA INDUSTRI KECIL DI KOTA AMBON DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada CV. Mutiara Indah di Desa Batu Merah-Ambon). ARIKA, 10(1), 75-86. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/arika/article/view/431
Section
Articles