PENERAPAN KANO MODEL DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENYEDIAAN FASILITAS DAN ALTERNATIF BISNIS RUMAH KOST (Studi kasus:Bisnis rumah kost di kawasan RumahTiga)
Abstract
Saat ini, bisnis rumah kost di daerah sekitar perguruan tinggi menjadi sebuah bisnis yang potensial, mengingat jumlah mahasiswa (yang merupakan salah satu pasar utama dari rumah kost) pada suatu perguruan tinggi menunjukkan kecenderungan meningkat dari waktu ke waktu. Namun seiring dengan hal tersebut, akan semakin banyak pula pesaing yang muncul. Sehingga mahasiswa sebagai salah satu pasar terbesar dari bisnis rumah kost memiliki banyak pilihan untuk memilih tempat kost.Kepuasan konsumen akan menjadi salah satu faktor penentu dalam persaingan pasar. Berdasarkan kondisi tersebut maka diperlukan suatu studi untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada tiap fasilitas rumah kost agar pemilik/calon pemilik bisnis rumah kost dapat menyediakan fasilitas dengan tepat sesuai dengan daya beli pasar sasarannya, serta untuk memberikan bantuan dalam memilih model rancangan alternatif bisnis rumah kost. Pengkajian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode Kano Model Analysis untuk memetakan tingkat kepuasan konsumen terhadap fasilitas-fasilitas dari rumah kost,dan selanjutnya membuat model rancangan alternatif bisnis rumah kos. Hasil penelitian adalah (a). untukkos-kosan tipe Elit memiliki fasilitas ruangan tamu dengan model rancangan 2, fasilitas per kamar dengan model rancangan 1 dan 2,pintu dengan model rancangan 2,tempat parkir dengan model rancangan 2; (b). untuk Kos-kosan Biasa yaitu fasilitas per kamar dengan model rancangan 1 dan 2,dapur dengan model rancangan 2,pintu dengan model rancangan 2,tempat jemuran dengan model rancangan 2,ruangan tamu model rancangan 2,kamar mandi dan wc umum model rancangan 2.
Downloads
References
Adrianus Dwi Fajar (2011). Desain Prosedur Penilaian Kepuasan Pelanggan Dalam Rangka Implementasi Iso 9001:2008 Dengan Menggunakan Metode Servqual Dan Model Kano Di Sebuah Perusahaan Jasa Transportasi Alat Berat.Skipsi Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri Depok.hal 22 – 30
Azwar, Saifuddin. (2008). Reliabilitas dan Validitas (edisi ke 3). Pustaka Pelajar
Djunaidi, Much, Alghofari, Akhmad K, dan Rahayu, Dwi A, Penilaian Kualitas Jasa Pelayanan Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Berdasarkan Preferensi Konsumen. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 5, No. 1, Agst 2006, hal. 25 – 32
Firdaus, Ricky.(2009). Indentifikasi, analisis, dan pengembangan atribut kebutuhan pelanggan yang berpengaruh pada kepuasan pelanggan perusahaan kontraktor telekomunikasi berbasis Kano model dan QFD, Skripsi Sarjana, Teknik Industri, Universitas Indonesia,2009.
Kriswanto,Widiawan,(2004). Pemetaan Preverensi Konsumen Supermarket dengan Metode Kano Berdimensi Servqual. Jurnal Teknik Industri Universitas Kristen Petra.Vol.6.no 1 hlm 37-53
Nurs, Pengambilan Keputusan, (Jakarta: Gunung Agung, 2003).
Pawitra,Teresia,Eka Irawati (2004). Pengukuran Tingkat Kepuasan pelanggan dengan memperlihatkan aspek Kano Model.Proceeeding seminar Nasional,Vol 2.hal 291-298
Prajudi, Atmodiwirio. 2002. Pengambilan Keputusan. Jakarta: Balai Aksara.
Rahman Bayu Anggoro, (2008).Evaluasi Kualitas Pelayanan Pendidikan Dengan Menggunakan Model Kano.Skripsi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta,2008
Suryanti, (2010).Manajemen Pengolahan Kost Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Dan Kedisiplinan Mahasiswa Di Kelurahan Jebres Kota Surakarta.Skipsi Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan unversitas Sebelas maret Surakarta,Bab ii tinjauan pustaka Hal 17- 22
Salusu, J. 2006. Pengambilan Keputusan Stratejik (Untuk Orga-nisasi Publik dan Organisasi Non Profit). Jakarta: Erlangga.
Vicky Taufik Nugraha (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PDAM (Perusahan Daerah Air minum kota Bandung).Skripsi Fakultas Bisnis Dan Manajemen Universitas Widyatama.Bab ii Tinjauan Pustaka Hal,25
Wikipedia , (2006). Pngertian Kos-Kosan Menurut Kamus Wikipedia,dan Jenis-jenis Kos-Kosan Beserta Fungsinya
An author who publishes in the ARIKA Jurnal agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants ARIKA journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).