PENENTUAN RUTE OPTIMAL DISTRIBUSI PRODUK NESTLE DENGAN METODE TRAVELING SALESMAN PROBLEM (TSP) (Studi Kasus : PT. Paris Jaya Mandiri)

  • D. B. Paillin
  • Filinda Sosebeko Universitas Pattimura
Keywords: Rute Optimal, Traveling Salesman Problem, Branch and Bound

Abstract

Paris Jaya Mandiri adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang distributor produk Nestle di Indonesia. Sebagai perusahaan distributor, aktivitas distribusi harus diberi perhatian khusus sehingga dapat mengatasi adanya keterlambatan atau ketidaktepatan waktu pengiriman produk yang disebabkan karena ketidakpastian rute pengiriman produk. Masalah ini dapat diatasi dengan memberikan solusi rute optimal agar dapat diperoleh effisiensi jarak dan waktu tempuh yang dapat berdampak positif bagi perusahaan.Traveling Salesman Problem merupakan suatu permasalahan untuk mencari jarak tempuh minimum dari titik awal menuju semua titik tujuan dan kembali lagi pada titik awal dengan asumsi bahwa semua titik tujuan yang akan dilalui hanya dikunjungi sebanyak satu kali untuk memperoleh rute optimal. Salah satu algoritma yang dapat digunakan dalam menyelesaikan permasalahan ini adalah algoritma Branch and Bound. Tolak ukur yang digunakan pada metode ini adalah jarak antaroutlet dimulai dari mengukur masing – masing jarak dari gudang menuju oulet dan kembali ke gudang. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan untuk mengukur jarak terpendek dari 67 lokasi outlet yang tersebar pada wilayah distribusi Sirimau 1 dan 2 serta wilayah distribusi Nusaniwe. Hasil olahan data metode Branch and Bound menunjukkan bahwa dari 3 wilayah dapat diperoleh 5 rute optimal yaitu rute 1 didapat jarak sebesar 8.09 Km dengan total waktu 46.03 menit, rute 2 sebesar 9.47 Km dengan total waktu 59.2 menit, rute 3 sebesar 10.88 Km dengan total waktu 35.35 menit, rute 4 sebesar 9.74 Km dengan total waktu 43.08 menit dan rute 5 sebesar 19.87 Km dengan total waktu 83.05 menit. Dari hasil data tersebut diperoleh penghematan jarak sebesar 17.96% dan total waktu sebesar 6.26% dari rute awal perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ackoff, Russell L., Sasieni, Maurice W. (1968). “Fundamental of Operation Researchâ€, John Wiley &Sons, Inc., New York.

Chopra, Sunil dan Peter Meindl. (2010). Supply chain management: Strategy, planning, and operations. New Jersey: Prentice Hall.

Dicky Moriza, Hadi A, Yodi N. (2016). Rute Pendistribusian Air Mineral dalam Kemasan Menggunakan Metode Nearest Neighbour dan Branch And Bound Di PT. Agronesia BMC*. Jurnal Teknik Industri Intitut Teknologi Nasional. No.02. Vol.4.

Eka, (2012). Penentuan Rute Distribusi Produk Minuman Ringan PT. Coca-Cola Distribution Indonesia DC Pontianak Menggunakan Metode Travelling Salesman Problem. Pontianak: FT-UNTAN.

Goldberg, David E., (1989). Genetic Algorithms, in Search, Optimization and Machine Learning, Addison-Wesley Publishing Co. Inc.

Hoffman, A.J. and Wolfe, P. (1985). “History†in The Traveling Salesman Problem, E.L. Lawler, J.K. Lenstra, A.H.G. Rinooy Kan, and D.B. Shmoys, eds., John Wiley, 1–16.

Karla Hoffman, Manfred Padberg (1993). Operation Research Departement, George Mason University. New York University. http://iris.gmu.edu/~khoffman/papers/travsalesman.html.

Lenstra, Rinooy, (2001). Perumusan Masalah Rute Kendaraan (Vehicle Routing Problem (VRP)) NP-Hard.

Munir, Rinaldi. (2001). Diktat Kuliah IF2153 Matematika Diskrit. Program Studi Teknik Informatika. Intitut Teknologi Bandung.

Munir, Rinaldi. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Moh. Ray Rizaldy, (2007). Jurnal Algoritma Branch and Bound Untuk Optimasi Pengiriman Surat Antar Himpunan di ITB. Bandung. Institut Teknologi Bandung.

Richard Wiener. (2003). Branch and Bound Implementations for the Traveling

Salesperson Problem - Part 1, in Journal of Object Technology, vol. 2, no.2, March-April 2003, pp. 65-86.

http://www.jot.fm/issues/issue_2003_03/column7. Didownload tanggal 9 Februari 2017.

Takes, Frank. (2010). Applying Monte Carlo Techniques to the Capacitated Vehicle Routing Prolem. Master Thesis: Leiden University.

Winangku Nugrohojati, (2011). Usulan Penentuan Rute Distribusi Dengan Menggunakan Metode Traveling Salesman Problem Di. Sinar Sosro Yogyakarta

Published
2017-03-09
How to Cite
Paillin, D. B., & Sosebeko, F. (2017). PENENTUAN RUTE OPTIMAL DISTRIBUSI PRODUK NESTLE DENGAN METODE TRAVELING SALESMAN PROBLEM (TSP) (Studi Kasus : PT. Paris Jaya Mandiri). ARIKA, 11(1), 35-44. https://doi.org/10.30598/arika.2017.11.1.35
Section
Articles