Penerapan Economic Order Quantity dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada Rumah Produksi XYZ

  • Marcy Lolita Pattiapon
  • Nil E. Maitimu Universitas Pattimura
Keywords: Persediaan optimal, safety stock, reorder point, EOQ

Abstract

Rumah produksi XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan kerajinan tangan dengan menggunakan rotan sebagai bahan baku utama. Persediaan bahan baku yang terlalu besar melebihi kebutuhan akan mengakibatkan bertambahnya biaya pemeliharaan dan penyimpanan dalam gudang  serta kemungkinan terjadinya penyusutan dan kerusakan pada bahan baku, yang dapat mengurangi keuntungan rumah produksi. Tujuan penelitian ini untuk mengoptimalkan persediaan bahan baku kerajinan rotan.  Persediaan bahan baku yang terlalu besar melebihi kebutuhan akan mengakibatkan bertambahnya biaya pemeliharaan dan penyimpanan dalam gudang  serta kemungkinan terjadinya penyusutan dan kerusakan pada bahan baku, yang dapat mengurangi keuntungan rumah produksi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Economic Order Quantity (EOQ). Berdasarkan data diketahui bahwa persediaan akhir bahan baku masih sangat besar, hal ini membuat rumah produksi XYZ tidak bisa mendapatkan keuntungan yang optimal, untuk itu pihak rumah produksi XYZ harus dapat mengendalikan bahan baku rotan, paku dan platur sebagai bahan dasar untuk pembuatan kerajinan rotan agar mendapatkan keuntungan yang optimal.  Hasil Penelitiannya adalah Total selisih efisiensi biaya persediaan pada tahun 2019 dan 2020 adalah sebesar Rp 3.699.567 dan Rp 3.512.191.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herjanto, E. (2015). Manajemen Operasi, Edisi Revisi, Penerbit Gramedia,

Jakarta.

Herlina (2007). Manajemen Keuangan. Bandung: Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Langke, A. V., Palendeng, I. D. & Karuntu, M. M. (2018). Analisis Pengendalian Bahan Baku Kelapa pada PT. Tropica Cocoprima menggunakan Economic Order Quantity. Jurnal EMBA. 6(3), 1158-1167.

Millenia, F. T., Sudarwadi, D. & Nurlaela N. (2022). Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode EOQ dan MRP Pada CV. Ozone Graphics di Manokwari. Jurnal Maneksi 11(2).

Misbachul, U. D., Mu'tamar, M. F. F. & Rakhmawati R. (2018). Analisis Efisiensi Biaya Persediaan Menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity) Pada PT. XYZ. Jurnal Agroteknologi, 12(01).

Rangkuti, F. (2004). Manajemen Persediaan: Aplikasi di bidang bisnis. Ed. 2, Cet. 6. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ristono, A. (2009). Manajemen Persediaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Robyanto, C., Antara, M., & Dewi, R. (2013). Analisis Persediaan Bahan Baku Tebu pada Pabrik Gula Pandji PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero) Situbondo, Jawa Timur. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata (Journal Of Agribusiness And Agritourism), 2(1). Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/JAA/article/view/4920

Published
2023-08-31
How to Cite
Pattiapon, M., & Maitimu, N. (2023). Penerapan Economic Order Quantity dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada Rumah Produksi XYZ. ARIKA, 17(2), 93-99. https://doi.org/10.30598/arika.2023.17.2.93
Section
Articles