Training and Mentoring on the Use of Multimedia-Based Learning Media for History Teachers at SMA Negeri 4 Ambon
Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaraan Berbasis Multi Media Pada Guru-Guru Sejarah SMA Negeri 4 Ambon
Abstract
Community service activities in the form of mentoring for learning media development aim to enhance teachers' knowledge and skills in creating effective, computer-based instructional materials. This initiative targets teachers at SMA 4 Ambon City and is designed to improve teaching creativity and support effective learning management. The mentoring process involves a combination of lectures, demonstrations, hands-on practice, and interactive Q&A sessions. Lectures focus on the concepts of professional teaching and the role of creativity in education, while demonstrations present the stages of developing learning media. Participants then engage in practical sessions to design their own media tailored to the subjects they teach. The Q&A segment provides space for teachers to address challenges encountered during the development process. As a result, participants are expected to be able to design and produce relevant, engaging learning media that meets curricular needs and boosts classroom effectiveness, ultimately enhancing their overall teaching performance.
Downloads
References
Aditama, M., Winaryati, E., Bagiya, B., & Oktaviani, S. (2023). Peningkatan kompetensi guru SMP dalam implementasi 3 bentuk asesmen Kurikulum Merdeka. Community Empowerment Journal. https://doi.org/10.61251/cej.v1i2.7
Arif, D. R. (2021). Profesionalitas dan penilaian kinerja guru PAI: Studi pada guru SMP di Kabupaten Magelang. Jurnal Khatulistiwa Ilmu Islam, 6(1), 1. https://doi.org/10.14421/JKII.V6I1.1146
Ariyanti, N. (2021). Pengaruh hasil belajar siswa menggunakan media puzzle pada PPKn Lambang Pancasila SD. GEMA GURU, 3(2), 24–32. https://doi.org/10.33627/GG.V3I2.498
Bela, P. O., Utami, S., & Hermawan, A. (2021). Pengembangan media Tongtumon untuk menyajikan teks laporan hasil observasi. Patria Educational Journal. https://doi.org/10.28926/pej.v1i2.86
Erungan, J., Manongko, A., & Tiwow, G. M. (2024). Analisis kompetensi guru di SMP Kristen Tondangow. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10195
Hafsah, H., & Fahmi, M. (2020). Peran kepala sekolah dalam memotivasi guru honorer untuk meningkatkan kualitas kompetensi profesionalitas. CIVICUS, 8(2). https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2852
Hafsah, H., & Fahmi, M. (2020). Peran kepala sekolah dalam memotivasi guru honorer untuk meningkatkan kualitas kompetensi profesionalitas. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian PPKn. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2852
Hafsah, H., Sakban, A., & Wiranda, A. (2023). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar PKn pada materi keberagaman dalam masyarakat Indonesia kelas VII MTs. CIVICUS, 11(1). https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.16875
Harahap, R. P. (2020). Pengaruh kepemimpinan dan pelatihan terhadap kinerja guru dan motivasi kerja sebagai variabel intervening pada SMA Negeri Kota Bekasi. https://consensus.app/papers/pengaruh-kepemimpinan-dan-pelatihan-terhadap-kinerja-harahap/2804ee693c0e5e7282789b5219bc2940/?utm_source=chatgpt
Hayatinnufus, D. (2023). Peran guru dalam pembelajaran Project Based Learning pada Profil Pelajar Pancasila di TK Islam Al-Amanah, Jakarta Utara. Jurnal Raudhah. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.2157
Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 89–95. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30131
Hilman, T., Rusmana, N., Hyangsewu, P., & Riyadi, L. (2024). Dengan cara apa mengajar tidak sepenuhnya dianggap profesi? DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. https://doi.org/10.20961/jdc.v8i3.88457
Hudiana, I. (2023). Pola pengasuhan digital parenting dalam masyarakat globalisasi: Perspektif teori perubahan sosial. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN. https://doi.org/10.15294/harmony.v8i2.70729
Kosasih, F., Juhana, J., Ardiasih, L. S., Riyanti, R. D., & Nugraha, B. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis mewarnai bagi guru dan siswa TK. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.367
Lubis, B. S., & Siregar, E. F. S. (2020). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhakti, 4(1), 396. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143
Mahendra, V. B. (2021). Konsep profesionalisme guru dalam perspektif pendidikan Islam. Rayah Al-Islam. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.472
Marsela, V., & Supriyadi, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis aplikasi iMindMap siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Palembang. LOGAT. https://doi.org/10.36706/LOGAT.V7I2.340
Masruroh, S. (2020). Studi korelasi sertifikasi guru dengan profesionalisme guru di MI Miftahul Ulum Jarin Pademawu Pamekasan. Mubtadi: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 106–110. https://doi.org/10.19105/MUBTADI.V1I2.3015
Mufida, I. L., Utami, S., & Hermawan, A. (2022). Pengembangan media LUBEL dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks fabel siswa kelas VII SMP. Patria Educational Journal (PEJ). https://doi.org/10.28926/pej.v2i1.341
Nopriyanti, N., Kurniawan, E. D., Darlius, D., & Harlin, H. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran elektronik untuk guru SMK Lingua Prima. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.4867
Nurcahyanti, R., & Haryoko, H. (2022). Media pembelajaran bahasa Jawa tema aksara Jawa untuk siswa SDN Candibaru II. Respati. https://doi.org/10.35842/jtir.v17i1.440
Purwati, P., Mulyana, E., & Aprily, N. M. (2021). Analisis pola penggunaan tagar viral sebagai media pendidikan karakter netizen. Journal Civics & Social Studies. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.1071
Sari, A. P. I., & Atmoko, A. (2024). Urgensi PPL PPG Prajabatan terhadap peningkatan profesionalisme calon guru BK di era Society 5.0. Journal of Innovation and Teacher Professionalism. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p255-262
Sujarwo, I. R., & Sumarti, E. (2022). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa pada materi semangat kepahlawanan dan cinta tanah air di MIS Gampong Mutia. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1). https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1494
Sukristin. (2021). Dampak COVID-19 terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran luring di PAUD Islamic Center Al-Hazza Sekayam. Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. https://doi.org/10.46368/BJPD.V2I1.434
Supriyanto, A., Pauzi, G. A., Karo-Karo, P., Syafriadi, S., & Abdurrahman, A. F. (2024). Peningkatan kompetensi guru IPA SD melalui pelatihan alat peraga. RENATA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua. https://doi.org/10.61124/1.renata.91
Suryadi, A., Vivi, M., Putri, A., Afrina, A., & Lucky, A. (2023). Program pengembangan e-learning sebagai upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(2). https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i2.580
Syamsuri, M. M. F., Tias, I. W. U., & Izzatika, A. (2021). Pengembangan profesionalisme guru SD melalui pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran IPA. Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. https://doi.org/10.35814/abdi.v1i2.2479
Te’a, Y. V., Soro, V. M., Pio, M. O., Una, Y., Tini, F. A., Kaka, Y. L., & Sayangan, Y. V. (2023). Peran guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA SD kelas rendah. Jurnal Citra Pendidikan Anak. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1534
Wahyu, W., Maulana, W., Fitrisyah, M. A., Zulkardi, & Sari, N. (2021). Peran etika profesi guru matematika dalam mengahadapi tantangan abad 21. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.151
Wardoyo, S., Septiani, M., Fauziah, N., Wiherdiansyah, F., & Akbar, Z. (2024). Pengaruh keterkaitan kompetensi guru SMK terhadap daya saing lulusan dalam dunia industri. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan. https://doi.org/10.51878/vocational.v3i4.3874
Yuliyantika, Y., Harijanto, A., & Maryani, M. (2023). Rancangan media pembelajaran fisika berbasis Android menggunakan Appy Pie. ORBITA: Jurnal Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.13880
Zulfianti, D. (2021). Analisis kompetensi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 76 Pekanbaru. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED. https://doi.org/10.24114/ESJPGSD.V11I1.24125https://doi.org/10.36312/linov.v9i1.1550
Majida, I., & Muljono, P. (2020). Hubungan kebutuhan belajar dan kemampuan aksara terhadap pemberdayaan perempuan. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 4(4), 497–508. https://doi.org/10.29244/jskpm.4.4.497-508
Marlina, Y., & Erowati, D. (2021). Pengolahan MP-ASI berbasis pangan lokal di Desa Ranah Singkuang. LOGISTA: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 202–208. https://doi.org/10.25077/logista.5.2.202-208.2021
Mistriani, N., Mansur, A., Tutik, T., & Octafian, R. (2023). Green economy program: Mempersiapkan perempuan wirausaha. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6). https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19183
Muhammad, M., Sya'roni, M., Alkhawa, N., Rahmawati, T., & Nada, E. I. (2023). Pemberdayaan santri perempuan melalui pelatihan produk rumah tangga. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13107
Saharani, D. R., Walaseci, D. L., Maulida, S., Puteri, A., Hapsari, N. M. L., & Suprapto, M. (2024). Evaluasi dampak program koperasi simpan-pinjam PEKKA. Saskara: Indonesian Journal of Society Studies. https://doi.org/10.21009/saskara.041.04
Safrida, S., & Safrida, N. (2022). Strategi pemberdayaan perempuan berbasis potensi lokal. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i2.4948
Yaqini, N. Y. U., & Agustina, F. R. (2023). Pemberdayaan perempuan kepala keluarga (PEKKA) dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Jurnal Al-Tatwir, 10(1). https://doi.org/10.35719/altatwir.v10i1.74