Publication Ethics Statement

PERNYATAAN ETIKA PUBLIKASI

(PUBLISHING ETHICAL STATEMENT)

 

Etika publikasi merupakan kaedah yang harus dipatuhi oleh penulis yang akan mempublikasikan karya ilmiahnya dalam media publikasi. Norma dasar dalam melakukan publikasi adalah mengutamakan, moral, integritas ilmiah, dan kejujuran penulis.

Kode etik yang wajib dipenuhi oleh para Penulis yang akan mempublikasikan artikel ilmiahnya pada Jurnal Cita Ekonomika adalah sebagai berikut :

  1. Penulis harus menjunjung tinggi scientific conduct memahami manfaat /keuntungan dan resiko tulisan yang dipublikasikan.
  2. Penulis harus menyajikan  makalah/artikel yang akurat atas penelitian yang dilakukan serta menyajikan diskusi yang obyektif atas signifikansi penelitian tersebut. Data penelitian harus disajikan secara akurat dalam artikel. Suatu artikel harus cukup terinci dengan referensi yang memadai untuk memungkinkan orang lain melakukan replikasi atas karya tersebut. Penipuan atau penyajian artikel yang tidak akurat merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima.
  3. Artikel yang dipublikasikan bebas dari rekaan, pemalsuan data dan Plagiarism / autoplagiarism. 
  4. Penulis wajib mencantumkan sitasi (sumber) yang memadai pada semua statement, ide, data, yang bukan hasil penelitiannya.
  5. Penulis harus menyebutkan publikasi yang berpengaruh dalam penyusunan karyanya. Informasi yang diperoleh secara pribadi, seperti dalam percakapan, korespondensi, atau diskusi dengan pihak ketiga, tidak boleh digunakan atau dilaporkan tanpa izin tertulis dari sumber informasi tersebut.
  6. Artikel yang dipublikasikan bidang ilmunya sesuai atau relevan dengan bidang ilmu Jurnal Cita Ekonomika, yaitu bidang ilmu ekonomi.
  7. Artikel yang dipublikasikan tidak menimbulkan benturan dengan pihak-pihak tertentu atau berpotensi meresahkan masyarakat.
  8. Para penulis yang tercantum pada artikel yang dipublikasikan adalah benar-benar mereka yang kompeten dan mempunyai kontribusi berarti dalam penulisan artikel tersebut.
  9. Penulis tidak melakukan publikasi ganda terhadap artikel yang akan dipublikasikan ini (double manuscript submission) ke jurnal atau sarana publikasi lain pada waktu yang bersamaan.
  10. Bagian atau keseluruhan Artikel yang dipublikasikan belum pernah terpublikasi pada sarana publikasi lain. 
  11. Artikel yang dipublikasikan adalah asli (orsinil) hasil penelitian, gagasan atau pemikiran Penulis dan bebas dari Plagiarisme.
  12. Ketika penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam karyanya yang telah dipublikasikan, penulis bertanggung jawab untuk segera memberitahukan hal tersebut kepada editor jurnal, serta berkerjasama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki tulisan tersebut. Jika editor memperoleh informasi dari pihak ketiga bahwa suatu karya publikasi mengandung kesalahaan yang signifikan, penulis bertangggung jawab untuk segera menarik kembali atau melakukan koreksi atas tulisan tersebut atau memberikan bukti kepada editor terkait ketepatan tulisan aslinya.