PENGARUH DAN STRATEGI PENGUATAN SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI PROVINSI JAWA BARAT

The Influence and Strategy for Strengthening the Tourism Sector on Local Original Revenue in West Java Province

  • Adam Hawari Universitas Padjadjaran
  • Estro Dariatno Sihaloho Universitas Padjadjaran
Keywords: Ekonomi Pariwisata, Pendapatan Asli Daerah

Abstract

Sektor pariwisata memiliki potensi yang cukup besar bagi perekonomian daerah. Potensi ini ditunjukkan oleh kontribusi sektor pariwisata terhadap PAD dan PDRB. Namun, jumlah wisatawan asing dan domestik cenderung berfluktuasi dalam beberapa tahun terakhir sejalan dengan capaian Pendapatan Asli Daerah di sektor serupa. penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh sektor pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Cakupan data yang digunakan adalah 26 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat sepanjang tahun 2014 hingga 2020. Metode yang digunakan adalah Panel Data Regression dengan model random effect. Hasil regresi menunjukkan bahwa jumlah wisatawan keseluruhan, jumlah wisatawan asing, tingkat penghunian kamar, dan jumlah restoran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah. Namun, jumlah wisatawan domestik berpengaruh positif, tetapi tidak signifikan terhadap PAD. Pengaruh sektor pariwisata yang belum signifikan mengindikasikan diperlukan strategi penguatan yang inklusif di sektor pariwisata. Strategi penguatan tersebut antara lain 1) Sistem Pengelolaan Community Based Tourism 2) Optimasi potensi wisata daerah religi 3) Pengadaan barang utilitas 4) Perbaikan simpul transportasi dan Konsep tata kota transit oriented development 5)Pemanfaatan ads dan website tourism 6) Product bundling multi objek wisata, dan 7) Product bundling dengan UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., Valentina, D., Khairunnisa, A., & Pratiwi, W. (2022). Pelayanan Transportasi sebagai Penunjang Kegiatan Pariwisata di Kabupaten Bandung. Jurnal Sosioteknologi, 21(2).

Akbar, A., Harahap, R. H., & Rujiman, R. (2021). Upaya Pengembangan Sektor Pariwisata Melalui Peran Kreativitas Pemuda. PERSPEKTIF, 11(1), 69–76. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i1.5338

Alam, N., & Amin, M. (2020). The Role Of Social Media In Promoting Bulukumba Tourism. In Journal Of Information Technology And Its Utilization (Vol. 3).

Aliansyah, H., & Hermawan, W. (2019). Peran Sektor Pariwisata Pada Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Jawa Barat. Bina Ekonomi, 23(1), 39.

Aminda, R. S., & Rahmawati, E. (2023). The Effect Of The Number Of Tourism Attractions And Restaurants On Local Own-Source Revenue In The Regency/City Of Lampung Province. Media Ekonomi, 31(1), 97–114. https://doi.org/10.25105/me.v31i1.18298

Aratuo, D. N., & Etienne, X. L. (2018). Industry level Analysis of Tourism-Economic Growth in the United States.

Asy’ari, R., Tahir, R., Rakhman, C. U., & Putra, R. R. (2021). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 8(1), 47. https://doi.org/10.24036/scs.v8i1.292

Bagiastra, I. K., & Damayanti, S. L. P. (2021). Ketersediaan Dan Pengelolaan Toilet Umum Di Obyek Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pariwisata. Binawakya, 15(6).

Berlianando, M., Chodiq, A., & Fryantoni, D. (2021). Kolaborasi dan Sinergitas Antar Stakeholder dalam Pembangunan Berkelanjutan Sektor Pariwisata Di Kebun Raya Cibinong. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(2), 221–234.

Brahmanto, E. (2015). Magnet Paket Wisata Dalam Menarik Kunjungan Wisatawan Asing Berkunjung Ke Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, 13(2), 338.

Buditiawan, K., & Harmono. (2020). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kabupaten Jember Jember Tourism Development Strategy. JURNAL Kebijakan Pembangunan, 15, 37–50.

Dilek, S. E., & Dilek, N. K. (2018). The Changing Meaning of Travel, Tourism and Tourist Definitions. CUDES 2018: VII. International Congress on Current Debates in Social SciencesAt: İstanbul.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. (2022). Laporan Kinerja Intansi Pemerintah (LKIP) Tahun 2021.

Faurina, R., Sari, J. P., & Agustian, I. (2022). Pengembangan Website Tourism Dan Pemanfaatan Iklan Untuk Promosi Wisata Desa Rindu Hati. Abdi Reksa, 3(1). www.ejournal.unib.ac.id/index.php/abdireksa

Ghani, Y. A. (2017). Pengembangan Sarana Prasarana Destinasi Pariwisata Berbasis Budaya di Jawa Barat. Jurnal Pariwisata, 1. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp22

Hasbi, A., & Badollahi, M. Z. (2019). Analisis Partisipasi Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Pengembangan Sektor Pariwisata Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. PUSAKA: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Busines Event, 1(2), 15–27.

Huda, R. (2020). Local Economic Development through Tourism Sector at Serang Village, Karangreja District, Purbalingga Regency. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial |, 11(2), 157–170. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v11i2.1470

Ismail, M. (2020). Matra Pembaruan Strategi Pengembangan Pariwisata Provinsi Papua. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 4(1). https://doi.org/10.21787/mp.4.1.2020.59-69

Jati, D. K., Nurhadi, K., & Rini, E. F. (2017). Kesesuaian Kawasan Transit Di Kota Surakarta Berdasarkan Konsep Transit Oriented Development. Region, 12(2), 168–180.

Kuswari, W. S., Ahmad, A. A., & Gunawan, D. S. (2021). The Effect of Tourism Sector on Locally-Generated Revenue Income in Banyumas District. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 6(1), 164. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.220

Lumanauw, N., Gupta, Gst. Bgs. W., & Suwandana, I. M. A. (2023). Pengembangan Paket Desa Wisata Di Kabupaten Tabanan, Bali: Pendekatan Product Bundling. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK).

Mardianis, & Syartika, H. (2018). Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Kerinci. Jurnal Ekonomi & Kebudayaan Publik, 9(1).

Misno. (2016). Strategi Pengembangan Wisata Syariah Di Provinsi Jawa Barat. ’Adliya, 10(2). http://bps.go.id

Muliawanti, L., & Susanti, D. (2020). Digitalisasi Destinasi sebagai Strategi Pengembangan Promosi Pariwisata di Kabupaten Magelang. Warta ISKI, 3(02), 135–143. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i02.53

Purwanti, N. D., & Dewi, R. M. (2014). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Mojokerto Tahun 2006-2013. Jurnal Ilmiah.

Rahma, A. A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1).

Rahman Hakim, D., & Ratna Sari Dewi, S. (2021). Regional economic growth based on tourism, tax policy, and budget aspects. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(2), 211–236.

Ratih, A., Indriyani, A., & Ronald, A. (2021). The Determining Factors of Local Own-Source Revenue of Tourism Sector in DIY. Proceedings of the 3rd International Conference of Banking, Accounting, Management and Economics (ICOBAME 2020).

Rochman, I., & Ratriningsih, D. (2019). Penerapan Strategi Transit Oriented Development (TOD) Pada Perancangan Mice Di Kota Tasikmalaya Jawa Barat. Senthong.

Rohaeni, A. J., & Emilda, N. (2021). Wisata Religi Berbasis Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Adat Kampung Dukuh. Jurnal Panggung, 31(3). http://peta-hd.com/peta-kabupaten-

Sabrina, N., & Mudzhalifah, I. (2018). Pengaruh Jumlah Objek Wisata, Jumlah Wisatawan Dan Tingkat Hunian Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Dengan Penerimaan Sektor Pariwisata Sebagai Variabel Moderating Pada Dinas Pariwisata Kota Palembang. Balance: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 3(2).

Salamah, S. N. (2022a). Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Sekitar Wisata Religi Makam Sunan Gunung Jati (MSGJ). In Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Administrasi Negara (Vol. 06, Issue 02).

Salamah, S. N. (2022b). Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Sekitar Wisata Religi Makam Sunan Gunung Jati (MSGJ). In Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Administrasi Negara (Vol. 06, Issue 02).

Sayekti, N. W. (2019). Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Di Indonesia Halal Tourism Development Strategy In Indonesia. Kajian, 24(3), 159–171. https://studipariwisata.

Schmidheiny, K. (2023). Panel Data: Fixed and Random Effects.

Strydom, A. J., Mangope, D., & Henama, U. S. (2019). Making Community-Based Tourism Sustainable: Evidence From The Free State Province, South Africa. Geojournal of Tourism and Geosites , 24(1), 7–18. https://doi.org/10.30892/gtg.24101-338

Suhombing Natalia E., & Hutagalung, I. J. B. (2021). Strategi Pengembangan Sektor Pariwisata Kabupaten Toba Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. JISPOL: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2). https://doi.org/10.51622

Sukariyanto, I. G. M., & Susila, I. M. G. D. (2023). Strategi Pengembangan Ekowisata Sebagai Produk Pariwisata Berkelanjutan di Desa Karya Sari, Kabupaten Tabanan. Journal of Applied Science in Tourism Destination, 1(1). https://doi.org/10.52352/jastd.v1i1.1069

Susilowati Fajar, Chrishnawati, Y., & Puspitasari, E. (2021). Proyeksi Transit Oriented Development oleh Masyarakat di Stasiun Tugu Yogyakarta. Jurnal Transportasi Multimedia, 19(2).

Thrane, C. (2010). Education and earnings in the tourism industry - the role of sheepskin effects. Tourism economics, 16(3), 549–563. https://doi.org/10.5367/000000010792278284

Torres-Reyna, O. (2007). Panel Data Analysis Fixed and Random Effects using Stata (v. 4.2). http://dss.princeton.edu/training/

Vanomy, A. E. (2019). Analisis Hubungan Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan Melalui Belanja Langsung Terhadap Produk Domestik Regional Bruto. JAD: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Dewantara, 2(1). https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JAD/issue/view/42

Walakandou, R. J. R. (2013). Analisis Kontribusi Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 722–729.

Yuliari, G., & Riyadi, B. (2019). Bundling As Strategy Of Tourist Attraction Based On Natural And Cultural Tourism In The Ex-Surakarta Residency. Journal of Sustainable Tourism and Entrepreneurship, 1(1). https://doi.org/10.35912/joste.v1i1.84

Published
2024-06-24
How to Cite
Hawari, A. and Sihaloho, E. (2024) “PENGARUH DAN STRATEGI PENGUATAN SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI PROVINSI JAWA BARAT”, Jurnal Cita Ekonomika, 18(1), pp. 44-55. doi: 10.51125/citaekonomika.v18i1.12581.