DAMPAK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA DI INDUSTRI PERBANKAN INDONESIA

  • Victor Pattiasina Universitas Yapis Papua
  • Melyanus Bonsapia Universitas Ottow Geissler Kotaraja
  • Andarias Pattiran Universitas Ottow Geissler Kotaraja
  • Milcha Handayani Tammubua Universitas Terbuka Jayapura
Keywords: promo; loyalty point; kualitas pelayanan; keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh promo, loyalty point, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi burger king dengan studi pada outlet Burger King Sidoarjo. Dimana penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kuantitatif dan metode pengujian hipotesis yang menggunakan teknik sampling simple random sampling. Variabel promo diukur dari kemenarikan program, ketepatan program dalam mempengaruhi keputusan pembelian, dan frekuensi program. Lalu loyalty point diukur berdasarkan fun games, voucher promo dan point member. Lalu kualitas pelayanan yang diukur dengan lima indikator yatu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty. Serta keputusan pembelian yang diukur berdasarkan dari kemantapan pembelian produk, kebiasaan dalam membeli produk, rekomendasi orang lain, dan pembelian ulang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 96 responden dengan pengambilan data melalui google form. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa promo, loyalty point, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beaver, H. William, and E. E. E. (1996). Discretionary Behavior with Respect to Allowances for Loan Losses and the Behavior of Security Prices. Journal of Accounting & Economics, 22.Agustus, 177–206.

Cho, C. H. & Pattern, D. M. (2007). The Role of Environmental Disclousure as Tools of Legitimacy : A Research Note. Accounting, Organization, and Society, 32, 639–647.

Eisenhardt, K. (1989). Agency Theory: An Assesment and Review. Academy of Management Review, 14, 57–74.

Ghozali. (2018). 9, Aplikasi Analisis SPSS program IBM SPSS 25 Edisi (Badan Pene). Grafindo Persada.

Ghozali, A. C. dan I. (2007). Teori Akuntansi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nasution, M., & S. (2017). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Di Industri Perbankan Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi X, 1–26. http://ejournal.stiepena.ac.id/index. php/fe/ article/ view File/62/59

Nugroho, A. K. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Struktur Kepemilikan, Dan Good Corporate Governance Terhadap Penngungkapan Triple BottomLine Di Indonesia. Skripsi, Universitas Diponegoro.

Pangaribuan, F. (2014). Analisa Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Pattiasina., V., Noch., M. Y., Saling, M. B., & Patiran, A. (2021). Determinan Kinerja Sistim Informasi Akuntansi dimoderasi oleh Pendidikan dan Pelatihan. Public Policy Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis, 2–NO.3/26, 37–56.

Patiran, A. (2008). Pengaruh Sensitivitas Kekayaan Eksekutif terhadap Manajemen Laba dengan Corporate Governance sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2005–2007. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Rahmawati. (2006). Model Penelitian Manajemen Laba pada Industri Perbankan Publik di Indonesia dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perbankan. Jurnal Akuntansi Keuangan.

Rini., D. S., Sutisman., E., Pattiasina., V., & Sumartono. (2022). Dampak Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2020). Jurnal Pasar Modal Dan Bisnis, 37–54. https://doi.org/https://doi.org/10.37194/jpmb.v4i1.107

Sefiana, E. (2008). Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public di BEI. Jurnal Riset Akuntansi-Fakultas Ekonomi-Universitas Gunadarma, 9 No. 2.

Syafa’ah. (2017). Pengaruh good corporate governance terhadap manajemen laba di industri perbankan indonesia. Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika.

Tamaela., E. Y., Pattiasina., V., Noch., M. Y., Surijad.i, H., & Amin, M. (2021). The relationship of auditor competence and independence on audit quality: An assessment of auditor ethics moderation and professional commitment. Indonesia Accounting Journal, 14–26.

Watiningsih. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Earning Management Pada Perusahaan Go Public Di Indonesia. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 3, No. 2, 89–101.

YPPMI. (2002). The Essence of Good Corporate Governance “Konsep dan Implementansi Perusahaan Publik dan Korporasi Indonesia.

Published
2022-05-04
How to Cite
Pattiasina, V., Bonsapia, M., Pattiran, A. and Tammubua, M. (2022) “DAMPAK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA DI INDUSTRI PERBANKAN INDONESIA”, Jurnal Cita Ekonomika, 16(1), pp. 28-40. doi: 10.51125/citaekonomika.v16i1.5321.