PENGEMBANGAN WISATA MINAT KHUSUS DAN PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DUSUN PONGGANG DALAM PERSPEKTIF PENGHIDUPAN BERKELANJUTAN

Development of Special Interest Tourism Destination and Economic Growth of the Ponggang Community Through Sustainable Livelihood Perspective

  • Yerik Afrianto Singgalen Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Keywords: Pariwisata, Penghidupan, Ponggang, UMKM, Minat Khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan potensi ekonomi yang dikembangkan melalui  wisata minat khusus serta dapat meningkatkan ketahanan penghidupan masyarakat di Dusun Ponggang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dusun Ponggang memiliki potensi wisata minat khusus yang dapat dikembangkan, seperti wisata minat khusus curug ponggang, wisata agro buah manggis, wisata edukasi, dan wisata budaya. Namun, terdapat berbagai kendala dalam pengembangan wisata di Dusun Ponggang, seperti minimnya infrastruktur pendukung aktivitas wisata, kurangnya modal usahabagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dan kurangnya promosi destinasi wisata. Penelitian ini merekomendasikan agar pemangku kepentingan dusun Ponggang dapat mengembangkan potensi wisata minat khusus dengan melibatkan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pengembangan wisata. Selain itu, perlu juga kerjasama antara pihak-pihak terkait seperti pemerintah daerah, swasta, dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan aksesibilitas dan infrastruktur wisata di Dusun Ponggang. Dengan demikian, pengembangan wisata minat khusus yang berkelanjutan dapat meningkatkan ketahanan penghidupan masyarakat di Dusun Ponggang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, B. P., Pamorraka, Sartika, D., Safitri, E. D., & Aslam, M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran. ADIBRATA, 2(1), 56–63.

Apriliani, T., Zamroni, A., & Rosyidah, L. (2021). Keberlanjutan Ekonomi Rumah Tangga Pembudi Daya Ikan Kerapu di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.15578/marina.v7i1.8244

Damanik, T. I., & Aras, M. (2022). Strategi Nafkah dan Relasi Sosial Rumahtangga Petani Bawang Merah. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(8), 10550–10564.

Dwinarko, D., Sjafrizal, T., Dewi, N. K., Sulistyanto, A., & Widodo, A. (2020). Pelatihan Manajemen Komunikasi Bisnis Dan Budaya Masyarakat Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Ponggang Serangpanjang Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 3(1), 73–84. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i1.59

Fifiyanti, D., Taufiq, M. L., & Ermawati, K. C. (2023). Penerapan Konsep Community Based Tourism Dalam Pengembangan Desa Wisata Burai. Jurnal Industri Pariwisata, 5(2), 201–208. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v5i2.1425

Fitri, Z., Sugihardjo, & Wibowo, A. (2021). Penghidupan Berkelanjutan Rukun Nelayan Tanggulangin Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen. Jurnal La’ot Ilmu Kelautan, 3(2), 54–69.

Gai, A. M. (2020). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Penyangga di TN Sebangau Berdasarkan Perspektif Sustainable Livelihood Approach. Jurnal Planoearth, 5(2), 129–134. https://doi.org/10.31764/jpe.v5i2.3249

Gunawijaya, J., Nusraningrum, D., Sulisyadi, Y., Nugraha, I., & Febrian. (2023). Kajian Destinasi Wisata Pesantren Modern Gunung Menyan Pamijahan, Bogor. Pariwisata, 10(1), 23–32.

Hadi, F., & Yuwanti, S. (2022). Strategi Pengembangan Tarian Tradisional Bedana Palembang sebagai Peningkatan Minat Khusus Daya Tarik Wisata dan Budaya. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan (JEMPPER), 1(3), 271–276. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.2055

Hariawan, F., Ariprabowo, T., Prasetyo, A., Purwanto, T., & Noerchoidah. (2021). Business Plan Sebagai Alternatif Strategi Pengembangan UMKM Di Desa Banjarkemantren Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 78–85. https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.2.1.3909

Hendrayani, Y., Uljanatunissa, Irawati, A., Mulyantini, S., & Hananto, B. (2022). Pengembangan Partisipasi Masyarakat dalam Penyusunan Master Plan Desa Wisata Jatisura. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(12), 2407–2414.

Husain, T. K., Ilsan, M., Amran, F. D., & Abdullah, S. M. (2022). Penerapan Situs Bisnis dan Sosial Media Marketing pada UKM Greenfarm Makassar dalam Mendukung Program MBKM. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 2(2), 85–92. https://doi.org/10.36908/akm.v2i2.353

Kiskenda, D. P., & Trimandala, N. A. (2023). Pengembangan Desa Wisata Ekologis Sebagai Pariwisata Minat Khusus di Desa Belok Sidan (Studi Kasus Ekowisata Jempanang D’Alas, Desa Belok Sidan, Kabupaten Badung Bali). Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1), 108–118.

Komang, T. D., Raka Marsiti, C. I., & Masdarini, L. (2021). Identifikasi Pengembangan Desa Wisata Sambangan Ditinjau Dari Unsur Attraction. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 12(2), 43–51. https://doi.org/10.23887/jjpkk.v11i2.27309

Laisaba, M. A. (2022). Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat : Sebuah Studi Literatur. Jurnal Jendela Pengetahuan, 15(2), 1–7. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.340

Lesmana, A. C. (2022). Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Pelatihan Business Model Canvas Pada Mitra Umkm Di Kota Bandung. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 3(1), 7–15. https://doi.org/10.24198/sawala.v3i

Nafi’ah, Y. K., & Widodo, M. W. (2022). Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas (BMC) Pada Kelompok Paguyuban Amreh Mulyo. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 5(2), 175–183. https://doi.org/10.23960/e3j/v5i2.175-183

Novia, C., Pasaribu, R. D., Sutjipto, M. R., & Bustomi, D. (2022). Analisis Business Model Canvas (BMC) CV Munjul Jaya Karawang. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 943–956.

Prasetyo, D. A., & Syafrini, D. (2023). Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata Budaya di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung Sumatera Barat. Jurnal Perspektif : Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 6(1), 47–57.

Priambodo, B., Jumaryadi, Y., & Fajri, M. (2022). Pemanfaatan SEO Sebagai Media Pemasaran Produk bagi UMKM di Pamulang Square. Pasopati : Pengabdian Masyarkat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 4(2), 109–112.

Putra, R. S. P. (2022). Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Di Pulau Komodo Manggarai Barat. Farmers : Journal of Community Services, 3(2), 53–59.

Putri, D. S., Widawati, E., & Goenawan, S. I. (2021). Implementasi Digital Marketing Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Keripik Pong’s:(Studi Kasus: Desa Ponggang). Prosiding Seminar Nasional Riset …, 1–10. https://journal.unpar.ac.id/index.php/ritektra/article/view/4873

Putri, D. S., Widawati2, E., & Goenawan, S. I. (2021). Implementasi Digital Marketing Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Keripik Pong’S:(Studi Kasus: Desa Ponggang). Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Teknologi Terapan (RITEKTRA) 2021, 1–10. https://journal.unpar.ac.id/index.php/ritektra/article/view/4873

Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, M., & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 112–121. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.40965

Rambing, E. S., & Sela, R. L. E. (2022). Persepsi dan Partisipasi Masyarakat Lokal dalam Pengembangan Wilayah Destinasi Pariwisata Super Prioritas Likupang. Media Matrasain, 19(2), 86–102.

Ribawati, E. (2022). Dampak dan Pengaruh Penetapan Desa Wisata Pantai Anyer terhadap Kondisi Lingkungan, Ekonomi, dan Sosial Masyarakat (Studi di Desa Kamasan Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang). Journal of Science & Humanities “Estoria” Universitas Indraprasta PGRI, 3(1), 367–381.

Sarudin, R. (2023). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Kampung Saungkuriang Kota Tangerang. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1), 220–228.

Scorviana, N. H., & Siscawati, M. (2023). Strategi Perempuan Adat Pendatang Dalam Merespon Sistem Budaya Padi sebagai Sumber Penghidupan. Jurnal Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan Berkelanjutan, 24(1), 14–27. https://doi.org/10.21009/plpb.v

Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). Manajemen IKM, 13(2), 116–126.

Setyowati, E. D. P., Supriyadi, E. A., & Majid, Z. A. N. M. (2022). Studi Komparatif Sosial Lembaga Pada Desa Wisata Gamplong dan Desa Wisata Pulesari Kabupaten Sleman Sebagai Penggerak Wisata Berbasis Ekonomi Kreatif. Jurnal Penelitian UPR : Kaharati, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.52850/jptupr.v2i2.5478

Towoliu, B. I., Mandulangi, J., Wenas, P. L., & Bawole, M. (2023). Studi Implementasi Kearifan Lokal pada Pengembangan Fasilitas Wisata, Desa Budo, Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Industri Pariwisata, 5(2), 228–236.

Utami, V. Y., Yusuf, S. Y. M., & Mashuri, J. (2022). Penerapan Community-based Tourism dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi Masyarakat. TheJournalish : Social and Government, 3(3), 218–226.

Wahju, M. B., Lukas, & Widawati, E. (2022). Pelatihan UMKM Produk Desa Ponggang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Charitas, 2(1), 53–57. https://doi.org/10.25170/charitas.v2i01.3606

Wibowo, M. S., & Belia, L. A. (2023). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1), 25–32.

Widyasari, B. F., Akiriningsih, T., & Suharto. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Mendukung Kegiatan Pariwisata Di Desa Wisata Hijau Bilebante Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Sabbhata Yatra, 3(2), 94–103.

Wijayanti, N., & Hidayat, H. H. (2020). Business Model Canvas (BMC) Sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jurnal Agroindustri Halal, 6(2), 114–121.

Published
2023-05-01
How to Cite
Singgalen, Y. (2023) “PENGEMBANGAN WISATA MINAT KHUSUS DAN PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DUSUN PONGGANG DALAM PERSPEKTIF PENGHIDUPAN BERKELANJUTAN”, Jurnal Cita Ekonomika, 17(1), pp. 175-188. doi: 10.51125/citaekonomika.v17i1.8682.