Pengaruh Media Pembelajaran Sound Slide Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri Satap Sinairusi MBD

  • Meliga G Naitioy Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unpatti
  • Wiclif Sephnath Pinoa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unpatti
  • Ferdinand S Leuwol Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unpatti
Keywords: Pengelolaan, Sampah, Masyarakat

Abstract

Sound Slide atau Slide bersuara merupakan suatu inovasi dalam pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif membantu peserta didik dalam memahami konsep yang abstrak menjadi lebih konkrit (mengkonkritkan suatu yng bersifat abstrak). Mengatakan bahwa hasil belajar adalah perubahan perilaku individu yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu, perubahan yang diperoleh siswa dalam menyelesaikan program pembelajaran melalui madia pembelajaran audio visual.  Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Satap Sinairusi MBD selama satu bulan lamanya dengan menggunakan metode penelitian ini adalah quasi Eksperiment atau eksperimen semu. Quasi Eksperimen mempunyai kelompok control, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen, hal ini di karenakan kelompok yang digunakan adalah kelompok yang sudah ada sebelumnya. Oleh karena itu, quasi eksperiment di gunakan apabila sulit mendapatkan kelompok control. Hasil belajar siswa dari kelas eksperimen mengalami perubahan besar setelah menggunakan media pembelajaran sound slide jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran sound slide. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran sound slide berpengaruh pada hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran ( Bandung : PT. Remaja Rosdakarya,2016). 318
Abdullah, Ishak & Darmawan, Deni 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Ahmad Rivai, Nana Sudjana. 2009. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Andre, Rinanto. (1982). Peranan Media Audio Visual dalam Pendidikan. Yogyakarta : Yayasan Kanisius
Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Depdikbud (1994). Pedoman pelaksanaan kurikulum pendidikan dasar-sekolah-dasar. Jakarta :BP. Dharma Bakti
Djamarah, Syaiful Bahri . 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Eka, Prihatin. 2008. Pendidikan. Bandung : Alfa Beta
Esa Nur Wahyuni. Motivasi dalam Pembelajaran ( Malang : UIN MALANG PRESS 2009). 12
Fathurrohman. Pupuh dan Sutikno, Sobry. Strategi Belajar Mengajar : Strategi mewujudkan pembelajaran bermakna melalui pemahaman konsep umum dan islami. PT. Refika Aditama. Bandung. 2014
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Kustandi, Cecep., dan Sutjipto. Bandung. 2013. Media Pembelajaran : Manual dan Digital . Bogor : Ghalia Indonesia.
Leuwol, F.S.(2016). Penggunaan model Quantum Learning (Mind Mapping) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 4(2), 67-79
Sardiman. Interaksi dan Motivasi belajar mengajar (Depok : Rajawali : Pers,2008), 85-86
Sudirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sutjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung : Alfa Beta.
Wa Nurida, EG Tetelepta, SE Manakane, (2022). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 7 Seram Bagian Barat Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti
Published
2024-07-12
How to Cite
Naitioy, M., Pinoa, W., & Leuwol, F. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Sound Slide Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri Satap Sinairusi MBD. JENDELA PENGETAHUAN, 17(2), 294-303. https://doi.org/10.30598/jp17iss2pp294-303