Factors Causing High School Graduates Not to Continue Their Studies to Higher Education Among Graduates of SMA Negeri 4 Lakudo
Faktor-Faktor Penyebab Siswa Lulusan Sma Tidak Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Lulusan SMA Negeri 4 Lakudo
Abstract
Eucalyptus oil management is in North Buona country, Western Seram, with its distillation system facilitated by skilled labor renting eucalyptus tree land. Until the distribution system, that is. There are three shares: one for landowners, one for the eucalyptus oil refinery, and the land owner himself. This type of research is field research through descriptive qualitative research that produces data in words written or spoken by people and actors with theoretical observations. The data used are primary, namely direct interviews, while the secondary data was obtained from the North Buona District Office. This research shows that community empowerment through Eucalyptus oil management in North Buona Village, Huamual District, behind the western part of the district of Seram, turns out that it has a selling value and very high income to manage the welfare of the community and family and other needs
Downloads
References
Arnawan, I. G. (2016). Faktor Penyebab Kurangnya Minat Remaja Desaterhadap Pendidikan Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Remaja Di Desa Balirejo Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 80–84.
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Character education in early childhood based on family. (ECRJ) Early Chilhood Research Journal, 7(1), 29–42. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.333
Hatta, U. B. (2008). pentingnya pendidikan bagi semua orang. Www.Bunghatta.Com.
Hendrawan, A., & Yulianeu, A. (2017). Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)(di Akademik Kebidanan Respati Sumedang). Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA), 4(1).
Ilham, D. (2019). Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122.
Indriyanti, N., & Ivada, E. (2013). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Akuntansi Smk Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2).
Lasaiba, M. A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Peserta Didik Kelas Vii-2 Smp Negeri 14 Ambon. Jendela Pengetahuan, 11(2), 8–21. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jp/article/view/6317
Lasaiba, M. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Geografi Siswa MAN 2 Ambon Abstrak Kata Kunci : Model , Pembelajaran Treffinger , Keterampilan Proses , Hasil Belajar. 1(1), 20–30.
Lian, B. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Marlinah, L. (2019). Pentingnya peran perguruan tinggi dalam mencetak SDM yang berjiwa inovator dan technopreneur menyongsong era society 5.0. Ikraith Ekonomika, 2(3), 17–25.
Mufidah, L. I. (2019). Tantangan Profesionalisme Guru pada Era Globalisasi. Lentera, 18(2), 175–186.
Muhson, A., Wahyuni, D., Supriyanto, S., & Mulyani, E. (2012). Analisis relevansi lulusan perguruan tinggi dengan dunia kerja. Jurnal Economia, 8(1), 42–52.
Muljani, N. (2002). Kompensasi sebagai motivator untuk meningkatkan kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 108–122.
Pusparani, D. (2018). Analisis proses pelaksanaan rekrutmen, seleksi, dan penempatan kerja karyawan (Studi pada Hotel dan Restoran Mahkota Plengkung Banyuwangi). Universitas Brawijaya.
Ridwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabet.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran jarak jauh pada masa darurat covid 19. Jurnal Mappesona, 3(2).
Stit Nual, F. P. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Program Studi (Prodi) Piaud. Pendidikan Ilmiah, 3(1), 45–56.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suib, M. S. (2017). Sinergitas Peran Pondok Pesantren Dalam Peningkatkan Indek Pembangunan Manusia (Ipm) Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2).
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
UU Nomor 12 Tahun 2012. (2019). UU Nomor 12 Tahun 2012 pasal 5 Tentang Pendidikan Tinggi. Joglo Abang.