Kepuasan Pengunjung Terhadap Objek Wisata Pantai Wainitu Kota Ambon

  • Santi Daada Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Mohammad Amin Lasaiba Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Ferdinand Salomo Leuwol Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
Keywords: Kepuasan, Pengunjung, Pariwisata

Abstract

Industri pariwisata memiliki potensi untuk menjadi andalan dalam upaya meningkatkan pendapatan devisa untuk pembangunan. Oleh karena itu, infrastruktur dan fasilitas wisata serta aksesibilitas yang memadai dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pengunjung pada suatu lokasi wisata dan menjadi hal terpenting dalam kegiatan pengembangannya. Bertolak dari hal tersebut, penelitian ini mengkaji tentang kepuasan terhadap kondisi tempat wisata Pantai Wainitu di Kota Ambon yang dikaji secara kualitas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara accidental sampling sebanyak 30 orang serta variabel penelitian menjabarkan indikator berupa kondisi fisik pantai, aksesibilitas, sarana dan prasarana serta layanan tambahan. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kuesioner dan dokumenter dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan pengunjung hampir sebagian besar menyatakan kurang baik dan cukup baik. Hal dapat diketahui dari indikator kondisi fisik sekitar 26.67% kategori kurang baik dan 13.33% kategori cukup baik. Untuk sarana dan prasarana dan layanan tambahan sekitar 33.33% kategori kurang baik, dan 50.00% kategori cukup baik. Indikator aksesibilitas sekitar 73.33% kategori kurang baik, 23.33% kategori baik. Kondisi ini disebabkan kurang memadainya sarana dan prasarana serta aksesibilitas yang tidak baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambari, E. F., & Yudhi Koesworodjati, S. E. (2019). Pengaruh Bukti Fisik Dan Proses Terhadap Kepuasan Pengunjung (Survei Pada Pengunjung Hotel Festival Citylink Bandung). Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

Daulay, A. R., Yuniarti, E., Fauzi, F., Noviana, L., Gusdini, N., Nining, E., Asmin, F., & Thamrin, F. D. (2020). Mendorong Sustainable Development Menuju Kesejahteraan Rakyat Indonesia. Reserchgate Journal, 7(1), 12–27. https://www.researchgate.net/Profile/Ferdinal-Asmin/Publication/321865137_Mendorong_Sustainable_Development_Menuju_Kesejahteraan_Rakyat_Indonesia/Data/5a360a8daca27247eddea02b/Paper-Kelompok-Pro-Sustainable-Developme.Pdf

Edlina, R., & Eriend, D. (2020). Strategi Komunikasi Pariwisata Oleh Dinas Pariwisata Sumatera Barat Dalam Meningkatkan Brand Image Objek Wisata Di Sumatera Barat: Strategi Komunikasi Pariwisata. Commed: Jurnal Komunikasi Dan Media, 5(1), 96–110.

Fadhil, R. M., & Zaenuri, M. (2021). Strategi recovery Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pada masa new normal. Jurnal Pemerintahan Dan Kebijakan (JPK), 2(2), 60–71.

Ghani, Y. A., & Brahmanto, E. (2015). Pengaruh Inovasi Sarana Prasarana Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Objek Wisata Karang Setra Waterland. 2(2), 98–110.

Heliany, I. (2019). Wonderful digital tourism Indonesia dan peran revolusi industri dalam menghadapi era ekonomi digital 5.0. Destinesia: Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 1(1), 21–35.

Khasanah, I., & Pertiwi, O. D. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen RS St. Elisabeth Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, 12(2), 117–124.

Lasaiba, M. A. (2006). Evaluasi lahan untuk permukiman dalam pengembangan wilayah Kota Ambon. Tesis. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/31752

Lasaiba, M. A. (2012). Perubahan penggunaan lahan di Kota Ambon tahun 2002-2009. Disertasi. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/54572

Lasaiba, M. A. (2013). Kajian Keruangan Penggunaan Lahan Dalam Pengembangan Kota Ambon Berbasis Ekologi. Jurnal Pendidikan Geografi UNESA, 11(21), 34–56.

Lasaiba, M. A. (2016). Dimensi Spasial Karakteristik Sebaran Dan Deviasi Pola Pegunungan Lahan Terhadap Ekosistem Pesisir Di Kota Ambon. Jendela Pengetahuan, 9(1), 24–34.

Magfirat, M., & Indra, A. (2018). Arah Politik Hukum Pengembangan Wisata Indonesia Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.

Musaddad, A. A., Rahayu, O. Y., Pratama, E., Suprapti Ningsih, S., & Wahyuni, E. (2019). Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia. Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(1).

Persada, C. (2018). Perencanaan Pariwisata Dalam Pembangunan Wilayah Berkelanjutan. AURA.

Rahmat, T., & Undang, G. (2020). Peranan Branding Promotion Wonderful Indonesia Pada Asean Tourism Forum (Atf) Dalam Meningkatkan Pariwisata Di Indonesia. Karizma Pro, 2(23), 69–79.

Ramadhany, F., & Ridlwan, A. A. (2018). Implikasi Pariwisata Syariah Terhadap Peningkatan Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat. Muslim Heritage, 3(1), 157–176.

Sabtuti, L., & Kristiana, T. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat sekitar Obyek Wisata Taman Nasional Sebangau Kelurahan Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 1(3), 241–252.

Simanjuntak, B. A., Tanjung, F., & Nasution, R. (2017). Sejarah pariwisata: menuju perkembangan pariwisata Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (1982). Metode penelitian survai.

Suchaina, S. (2014). Pengaruh Kualitas Fasilitas Sarana dan Prasarana terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Wisata Danau Ranu Grati. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 2(2), 89–109.

Swaradesy, R. G., Shafanissa, W., Nagara, M. R., & Fitra, A. (2021). Edukasi Tourism Branding Berbasis Kearifan Lokal di SMA N 1 Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Indonesia Berdaya, 2(2), 113–119.

Umagapi, D., & Ambarita, A. (2018). Sistem informasi geografis wisata bahari pada dinas pariwisata Kota Ternate. Jurnal Ilmiah ILKOM INFO-Ilmu Komputer & Informatika, 1(2).

Utama, I., & Rai, G. B. (2013). Pengembangan wisata Kota sebagai pariwisata masa depan Indonesia. Jurnal Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika Dan Humaniora Universitas Dhyana Pura Badung-Bali.

Wijaya, D. A. (2009). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Desa Wisata Plempoh Bokoharjo Sleman Yogyakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(1), 1–14.

Yakup, A. P. (2019). Pengaruh Sektor Pariwisata terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Universitas Airlangga.

Yuristiadhi, G., & Sari, S. D. L. (2017). Strategi Branding Pariwisata Indonesia Untuk Pemasaran Mancanegara. ETTISAL Journal of Communication, 2(2), 31–41.

Published
2022-04-03
How to Cite
Daada, S., Lasaiba, M., & Leuwol, F. (2022). Kepuasan Pengunjung Terhadap Objek Wisata Pantai Wainitu Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 1(1), 38-46. https://doi.org/10.30598/jpguvol1iss1pp38-46

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>