Penerapan Role Playing Berbantuan Eksperimental Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Kelas V SD Negeri 6 Dobo

Application of Role Playing Assisted by Experimental Learning to Improve Student Learning Outcomes on the Subtheme of National Events Surrounding the Proclamation of Independence Class V SD Negeri 6 Dobo

  • Melki T Koedubun Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
  • La Suha Ishabu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
  • Fridolin Vrosansen Borolla Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
Keywords: Metode Bermain Peran, Metode Pembelajaran Eksperimen, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) dengan menerapkan metode bermain peran berbantuan pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tentang peristiwa nasional seputar proklamasi kemerdekaan dengan menerapkan metode bermain peran berbantuan pembelajaran eksperimen di kelas V SD Negeri 6 Dobo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Data diperoleh dari data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa setelah diterapkan metode bermain peran berbantuan pembelajaran eksperimen hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 42.86% dan siklus II sebesar 100%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 57.14%. Dari analisis data dapat dipahami bahwa penerapan metode bermain peran berbantuan pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Dobo pada materi tentang peristiwa nasional seputar proklamasi kemerdekaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-25
How to Cite
Koedubun, M. T., Ishabu, L. S., & Borolla, F. V. (2024). Penerapan Role Playing Berbantuan Eksperimental Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Kelas V SD Negeri 6 Dobo. Kamboti Journal of Education Research and Development, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.30598/kambotiv4i1p1-8