Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Dobo

Improving Student Learning Outcomes in Science Learning Using the Talking Stick Type Cooperative Learning Model in Grade IV Students of SD Negeri 6 Dobo

  • Laidonirka O. S. Lesiela Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
  • Theopilus Watuguly Pendidikan Biologi, Universitas Pattimura
  • Hediaty La Sitiman Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
Keywords: Talking Stick, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick pada siswa kelas IVa SD Negeri 6 Dobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model siklus Arikunto. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Talking Stick. Hasil observasi aspek afektif siswa pada siklus I memperoleh pencapaian rata-rata 73.65% dengan kategori cukup dan pada siklus II pencapain rata-rata 88.75% dengan kategori sangat baik. Perolehan pada aspek psikomotorik siswa pada siklus I pencapaian rata-ratanya 85.4% dengan kategori sangat baik dan pada siklus II pencapaian rata-rata 88% dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal mencapai 53% berada pada kategori sangat kurang, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 61.5% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 75.25 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Koopratif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IVa SD Negeri 6 Dobo. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada aspek afektif, psikomotorik, dan kognitif dari siklus I ke siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-25
How to Cite
Lesiela, L. O. S., Watuguly, T., & La Sitiman, H. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Dobo. Kamboti Journal of Education Research and Development, 4(1), 9-14. https://doi.org/10.30598/kambotiv4i1p9-14