Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Dobo
Improving Student Learning Outcomes in Science Learning Using the Talking Stick Type Cooperative Learning Model in Grade IV Students of SD Negeri 6 Dobo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick pada siswa kelas IVa SD Negeri 6 Dobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model siklus Arikunto. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Talking Stick. Hasil observasi aspek afektif siswa pada siklus I memperoleh pencapaian rata-rata 73.65% dengan kategori cukup dan pada siklus II pencapain rata-rata 88.75% dengan kategori sangat baik. Perolehan pada aspek psikomotorik siswa pada siklus I pencapaian rata-ratanya 85.4% dengan kategori sangat baik dan pada siklus II pencapaian rata-rata 88% dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal mencapai 53% berada pada kategori sangat kurang, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 61.5% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 75.25 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Koopratif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IVa SD Negeri 6 Dobo. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada aspek afektif, psikomotorik, dan kognitif dari siklus I ke siklus II.
Downloads
Copyright (c) 2024 Copyright © 2024 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.