Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Siklus Hidup Makhluk Hidup pada Siswa Kelas IV SD Negeri Benjina

Use of Picture And Picture Learning Model For Improving Science Learning Outcomes of the Life Cycle Concept of Living Beings In Grade IV Students of Benjina State Elementary School

  • Paulina Kailem Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
  • Theophanie Pattinasarany Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
Keywords: Picture and Picture, Hasil Belajar, IPA, Siklus Hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA konsep siklus hidup makhluk hidup pada siswa kelas IV SD Negeri Benjina dengan pengunaan model pembelajaran picture and picture. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini akan dilaksanakan pada SD Negeri Benjina selama satu bulan, mulai dari tanggal 29 maret 2023 sampai dengan 29 april 2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Benjina Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 17 orang siswa, dimana laki-laki sebanyak 8 orang dan perempuan sebanyak 9 orang. Penelitian ini menggunakan siklus pelaksanaan PTK model Kemmis & Mc Taggrt model siklus ini dilaksanakan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, soal tes dan lembar wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: tes, observasi (pengamatan), wawancara dan dokumnetasi. Data yang dieroleh dalam penelitian  ini akan  dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA konsep siklus hidup makhluk hidup pada siswa kelas IV SD Negeri Benjina. Hal ini dapat dilihat dari terjadinya peningkatan peningkatan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa yang diamati lewat tes akhir dan ketuntasan siswa dalam pembelajaran berdasarkan nilai KKM. Nilai rata-rata aktivitas belajar yang diperoleh pada Siklus I adalah sebesar 67.5 dan meningkat pada Siklus II menjadi 75. Nilai rata-rata tes akhir siswa yang diperoleh pada Siklus I adalah sebesar 66.67 meningkat pada Siklus II menjadi 74.12. Ketuntasan siswa dalam pembelajaran pada Siklus I sebanyak 70.59% (12 siswa) meningkat pada Siklus II menjadi 82.35% (14 siswa).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-25
How to Cite
Kailem, P., & Pattinasarany, T. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Siklus Hidup Makhluk Hidup pada Siswa Kelas IV SD Negeri Benjina. Kamboti Journal of Education Research and Development, 4(1), 23-30. https://doi.org/10.30598/kambotiv4i1p23-30