Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Gaya dan Gerak di Sekolah Dasar Kristen Dobo
Application of the Numbered Heads Together (NHT) Cooperative Learning Model to Improve the Learning Outcomes of Grade IV Students on Style and Motion Materials at Dobo Christian Elementary School
Abstract
NHT (Number Heads Together) merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. NHT (Numbered Heads Together) sebagai model pembelajaran pada dasarnya merupakan sebuah variasi diskusi kelompok dengan ciri khas adalah guru memberi nomor dan hanya menunjuk seorang siswa yang mewakili kelompoknya. Sebagai sebiah model pembelajaran NHT lebih mengedepankan kepada aktivitas peserta didik dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan didepan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV Pada Materi Gaya Di SD Kristen Dobo dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil tes awal pada kelas IVc berada pada kualifikasi gagal, hal ini membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa masih sangat minim terhadap materi gaya dan gerak. Proses kegiatan belajar mengajar pada kelas IVc berada pada kualifikasi baik, dimana pada aspek kognitif diperoleh rata-rata skor pencapaian siswa (76.21), aspek afektif (80.24), dan aspek psikomotor (86). Hasil tes akhir secara klasikal tuntas dengan rata-rata skor pencapaian siswa (8.,66). Untuk nilai akhir secara keseluruhan tuntas dengan rata-rata skor pencapaian siswa (83.66). Hal ini menunjukan bahwa semua siswa mampu memahami materi gaya dan gerak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan baik sesuai dengan tahapannya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat membantu siswa untuk mencapai hasil belajar pada materi gaya dan gerak, karena dalam model pembelajaran ini siswa dilibatkan langsung dari awal pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dan kreatif dalam mengkonstruksi pengetahuan.
Downloads
Copyright (c) 2024 Copyright © 2023 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.