Kajian Literatur tentang Peran Model Challenge-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kolaboratif

A Literature Review on the Role of the Challenge-Based Learning Model in Enhancing Critical and Collaborative Thinking Skills

  • Anita Nurgufriani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Taman Siswa Bima
  • Adi Apriadi Adiansha Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Taman Siswa Bima
  • Muhammad Fuadi Pendidikan Matematika, STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Challenge-Based Learning, Berpikir Kritis, Kolaboratif, Kajian Literatur

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif menjadi kompetensi penting dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Data dari berbagai institusi pendidikan menunjukkan bahwa banyak siswa belum mencapai tingkat berpikir kritis yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran model Challenge-Based Learning (CBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif melalui pendekatan kajian literatur. Metode yang digunakan adalah studi literatur sistematis terhadap 33 artikel yang relevan dan terbit antara tahun 2016 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CBL mendorong keterlibatan aktif siswa dalam menyelesaikan masalah nyata, sehingga menstimulasi berpikir reflektif, analitis, dan logis. Di sisi lain, model ini juga memperkuat kemampuan kolaboratif melalui kerja tim, diskusi, dan pengambilan keputusan bersama. Dengan demikian, CBL terbukti efektif sebagai pendekatan pembelajaran inovatif yang dapat menjawab tantangan pendidikan modern. Integrasi model CBL sangat disarankan untuk mendukung pengembangan kompetensi kritis dan kolaboratif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-03-10
How to Cite
Nurgufriani, A., Adiansha, A. A., & Fuadi, M. (2025). Kajian Literatur tentang Peran Model Challenge-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kolaboratif. Kamboti Journal of Education Research and Development, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.30598/kambotiv5i1p1-9