Penerapan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI DDI Takku
The Application of Cooperative Learning to Increase Students' Learning Creativity in the Subject of Moral Beliefs at MI DDI Takku
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Cooperative Learning dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas III di MI DDI Takku, Kabupaten Barru. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kreativitas dan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran nilai-nilai keislaman akibat pendekatan konvensional yang masih dominan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Cooperative Learning secara konsisten berdampak positif terhadap peningkatan kreativitas siswa, yang ditandai dengan peningkatan partisipasi dalam diskusi kelompok, keberanian mengemukakan pendapat, kemampuan berpikir orisinal, serta tumbuhnya rasa ingin tahu. Guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan siswa melalui strategi pengajaran yang bervariasi seperti penggunaan media visual, pemberian pujian, hadiah, dan pembentukan kelompok heterogen. Selain mendukung pencapaian akademik, metode ini juga terbukti berkontribusi dalam penguatan karakter dan nilai-nilai akhlak mulia siswa. Dengan demikian, Cooperative Learning relevan diterapkan sebagai pendekatan pedagogis yang tidak hanya membangun kognisi, tetapi juga menumbuhkan aspek afektif dan sosial dalam pembelajaran Akidah Akhlak
Downloads
Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.