Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMA

Analysis of Students' Mathematical Problem-Solving Ability Using the Problem Based Learning Model on Trigonometry Materials in Class X of High School

  • Melanius Rengrengulu Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Lelemuku Saumlaki
  • Samuel Urath Pendidikan Matematika, Universitas Lelemuku Saumlaki
  • Yoseph Watratan Pendidikan Matematika, Universitas Lelemuku Saumlaki
  • Fransina Wermpinan Pendidikan Matematika, Universitas Lelemuku Saumlaki
Keywords: Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Learning, Trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi trigonometri di kelas XI SMA Budi Mulia Saumlaki. Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika, khususnya pada sub materi perbandingan trigonometri dan penerapannya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes, yang dianalisis berdasarkan tahapan Polya: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL mampu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematis siswa. Melalui tahap-tahap PBL, siswa menjadi lebih aktif dalam mengidentifikasi masalah, merancang solusi, bekerja sama dalam kelompok, serta melakukan verifikasi terhadap hasil pekerjaannya. Kemampuan siswa berkembang secara signifikan, terutama dalam memahami konsep dasar trigonometri dan menerapkannya dalam konteks nyata. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Oleh karena itu, penerapan PBL direkomendasikan dalam proses pembelajaran matematika untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, kontekstual, dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-09-30
How to Cite
Rengrengulu, M., Urath, S., Watratan, Y., & Wermpinan, F. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMA. Kamboti Journal of Education Research and Development, 5(2), 55-68. https://doi.org/10.30598/kambotiv5i2p55-68