Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kontekstual pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanimbar Selatan
Analysis of Students' Understanding of Mathematical Concepts Using Contextual Learning Methods on Pythagorean Theorem Material in Class VIII SMP Negeri 5 Tanimbar Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang konsep matematika tentang Teorema Pythagoras setelah penerapan pembelajaran dengan metode pembelajaran kontekstual. Jenis ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan pada siswa kelas viii SMP Negeri 5 Tanimbar Selatan tahun akademik 2024/2025 berjumlah 23 orang. Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Mei 2025. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengalami proses pembelajaran dengan metode pembelajaran kontekstual tentang materi Teorema Pythagoras. Siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tansel dapat memahami permasalahan sisi miring dan tegak dalam kehidupan sehari-hari dengan memilih model atau rumus sendiri untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi di lembar soal. Kesimpulan dari proses pembelajaran adalah siswa kelas viii SMP Negeri 5 Tanimbar Selatan dapat memecahkan permasalahan teorema Pythagoras dalam kehidupan sehari-hari dengan pemahaman mereka sendiri.
Downloads
Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.