Efektifitas Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP
The Effectiveness of the Realistic Mathematics Education Approach Assisted by Wordwall in Mathematics Learning for Grade VII Students Junior High School
Abstract
Penelitian ini dilatari oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep sudut berlawanan dan hubungan antar sudut, serta kurangnya minat belajar akibat metode pembelajaran yang kurang interaktif serta tidak dimanfaatkannya media pembelajaran sehingga penilitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media Wordwall pada pembelajaran matematika materi garis dan sudut. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek 28 siswa, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Pembelajaran dilaksanakan dalam tiga pertemuan menggunakan sintaks RME yang dipadukan dengan Wordwall sebagai kuis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan RME berbantuan Wordwall efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa, ditunjukkan oleh keterlibatan aktif dalam konteks realistik, peningkatan skor tes akhir, serta kemampuan menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung keberhasilan meliputi penggunaan media interaktif, pembelajaran kontekstual, dan diskusi kelompok yang mendorong partisipasi aktif. Dengan demikian, pendekatan RME berbantuan Wordwall dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi yang menuntut pemahaman konseptual dan visualisasi, serta berpotensi meningkatkan motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep secara lebih mendalam pada siswa.
Downloads
Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







