PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV SD NEGEI 7 DOBO DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA MASA PANDEMIK COVID – 19

  • Winda Christa Singkey PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FKIP PSDKU ARU
  • Lisye Salamor PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FKIP PSDKU ARU
  • Titus Gaite PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FKIP PSDKU ARU
Keywords: Krativitas Belajar, Model Contextual Teaching and Learning (CTL)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa masih banyak siswa kelas IV SD Negei 7 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru yang belum memiliki motivasi belajar yang tinggi. Hal ini terlihat pada pembelajaran PKn dimana tidak semua siswa mau memperhatikan guru ketika sedang menyampaikan materi pelajaran dan masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan dengan sungguh-sungguh, maka Kekurangan yang paling utama dalam proses pembelajaran adalah rendahnya kreativitas siswa dalam mengikuti mata pelajaran PKn. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas IV SD Negei 7 Dobo. Berdasarkan lembar observasi kreativitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari petemuan siklus I terdapat 3 orang siswa yang memiliki motivasi belajar yang sangat rendah, maka hal ini menunjukan bahwa kemandirian serta kreativitas belajar siswa masih pelu ditingkatkan. Kemudian pada pertemuan II terdapat 13 orang siswa yang telah memiliki motivasi belajar yang signifikan, maka hal ini menunjuan bahwa peningkatan kreativitas belajar siswa sudah meningkat dan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-08