PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 DOBO KABUPATEN KEPULAUAN ARU

  • Ema Tukyaur PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FKIP PSDKU ARU
  • Arience Lesnussa PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FKIP PSDKU ARU
  • Ode Abdulracman PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FKIP PSDKU ARU
Keywords: Hasil Belajar, Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa masih banyak siswa kelas IV SD Negei 3 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru yang belum memiliki motivasi belajar yang tinggi. Hal ini terlihat pada pembelajaran IPS dimana tidak semua siswa mau memperhatikan guru ketika sedang menyampaikan materi pelajaran dan masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan dengan sungguh-sungguh, maka Kekurangan yang paling utama dalam proses pembelajaran adalah tidak adanya peningkatan belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran IPS.Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Mind Mapping  dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas         IV SD Negei 3 Dobo. Berdasarkan lembar observasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari petemuan siklus I terdapat 8 orang siswa yang belum tuntas dan belum mencapai tingkat ketuntasan, maka hal ini menunjukan bahwa perlu adanya peningkatan dalam belajar siswa. Kemudian pada pertemuan II terdapat 9 orang siswa yang telah memiliki motivasi belajar yang signifikan, maka hal ini menunjuan bahwa peningkatan hasil belajar siswa sudah meningkat dan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-08