Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru
The Use of the Mind Mapping Learning Model in Improving the Learning Outcomes of Grade IV Students of SD Negeri 3 Dobo, Aru Islands Regency
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa masih banyak siswa kelas IV SD Negei 3 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru yang belum memiliki motivasi belajar yang tinggi. Hal ini terlihat pada pembelajaran IPS dimana tidak semua siswa mau memperhatikan guru ketika sedang menyampaikan materi pelajaran dan masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan dengan sungguh-sungguh, maka Kekurangan yang paling utama dalam proses pembelajaran adalah tidak adanya peningkatan belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran IPS.Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negei 3 Dobo. Berdasarkan lembar observasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari petemuan siklus I terdapat 8 orang siswa yang belum tuntas dan belum mencapai tingkat ketuntasan, maka hal ini menunjukan bahwa perlu adanya peningkatan dalam belajar siswa. Kemudian pada pertemuan II terdapat 9 orang siswa yang telah memiliki motivasi belajar yang signifikan, maka hal ini menunjuan bahwa peningkatan hasil belajar siswa sudah meningkat dan optimal.
Downloads
Copyright (c) 2021 Copyright © 2021 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.