Implementasi Pendekatan Kontekstual yang Dipadu Dengan Model Kooperatif Pertanyaan dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD Negeri Papakula Kecil Kabupaten Kepulauan Aru

Implementation of a Contextual Approach Combined with a Cooperative Model of Questions in Improving Science Learning Outcomes in Papakula Kecil State Elementary School Students, Aru Islands Regency

  • Hediaty La Sitiman Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Di Kabupaten Kepulauan Aru Jl. Pendidikan – Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru.
  • Rino Lengam Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Di Kabupaten Kepulauan Aru Jl. Pendidikan – Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru.
  • Aloysius Y. Ngamel Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Di Kabupaten Kepulauan Aru Jl. Pendidikan – Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru.
  • Sindi Erika Agustina Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Di Kabupaten Kepulauan Aru Jl. Pendidikan – Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru.
Keywords: Pendekatan kontekstual, Model Pertanyaan, Hasil belajar

Abstract

Pendekatan Kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata sedangkan Model Pertanyaan merupakan keterampilan hidup yang penting serta merupakan pembelajaran utama dan juga termasuk keterampilan berpikir. Dengan konsep tersebut pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Metode ini menuntut siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam ketrampilan proses kelompok sampai dengan menyajikan suatu laporan didepan kelas secara keseluruhan. Pendekatan Kontekstual digunakan pada mata pelajaran IPA  untuk melihat apakah penerapannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Papakula Kecil Perpaduan Dengan Model Pertanyaan. Penelitian dilakukan pada bulan November 2020, dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep siswa mencapai 75% dan dikategorikan dalam belum tuntas atau kurang pada siklus pertama. Sedangkan pada siklus kedua terdapat peningkatan pemahaman siswa yang signifikan mencapai 100% sehingga dikategorikan telah tuntas. Selain itu, kemampuan Afektif dan Psikomotor siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, Penerapan Pendekatan kontekstual yang di padu dengan model pertanyaan dapat meningkatkan hasil belajar pada Materi IPA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-20
How to Cite
La Sitiman, H., Lengam, R., Ngamel, A. Y., & Agustina, S. E. (2022). Implementasi Pendekatan Kontekstual yang Dipadu Dengan Model Kooperatif Pertanyaan dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD Negeri Papakula Kecil Kabupaten Kepulauan Aru. Kamboti Journal of Education Research and Development, 2(1), 8-19. https://doi.org/10.30598/kambotiv2i1p8-19