Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel belum diterbitkan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah diberikan di Komentar untuk Editor).
  • File pengiriman dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  • Teksnya memiliki spasi 1,5; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan menggarisbawahi (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik-titik yang sesuai, ...
  • Teks tersebut mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis.

Author Guidelines

Abstrak ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Urutan tempat: abstrak Inggris, lalu abstrak Indonesia. Panjang abstrak 100–150 kata. Abstrak ditulis dengan huruf Arial Narrow, ukuran 10 pt. Isi abstrak: latar belakang; tujuan penelitian; metodologi penelitian; hasil penelitian yang menunjukkan kebaruan, atau tetap relevan dalam jangka panjang, atau membuka  kemungkinan penelitian baru. Hasil penelitian kuantitatif harus disertai indeks kepercayaan. Terakhir, kesimpulan yang mengungkapkan secara teoretis implikasi dari hasil penelitian, semacam menawarkan teori “kecil”, atau meneorikan temuan penelitian.

 

Kata Kunci (Arial Narrow, 10 Pt)

Kata kunci ditulis dalam dua bahasa di bawah abstrak yang bersangkutan. Kata kunci ditulis dengan huruf Arial Narrow 10 pt. Jumlah kata kunci maksimal lima kata yang relevan. Jangan menerakan nama diri (individu, tempat, Lembaga, …) dan jangan gunakan huruf kapital. Setiap kata kunci dipisahkan dengan titik koma (;).

 

Pendahuluan (Arial Narrow, 12 Pt)

penulis harus menjelaskan secara berurutan: latar belakang, review penelitian terdahulu (state of the art, research gap) sebagai dasar pernyataan kebaruan penelitian, permasalahan penelitian. Tujuan penelitian dituliskan di bagian akhir pendahuluan. Panjang naskah 17-20 halaman atau 4000-5000 word, format A4, spasi 1,5. Tidak ada persyaratan ketat dalam format penulisan. Namun, naskah harus mengandungi elemen penting: abstrak, kata kunci, pendahuluan yang mencakup latar belakang masalah berdasarkan isu yang akan dikaji.

 

 

Metode (Arial Narrow, 12 Pt)

 

Meliputi rancangan/model, tata cara teknik pengumpulan data/informasi, tempat dan waktu, serta proses pengolahan dan analisis data/ informasi. Di dalam Metoda tidak perlu menggunakan sub-sub judul.

 

Hasil Dan Pembahasan (Arial Narrow, 12 Pt)

Bagian pembahasan hasil penelitian berisi temuan penelitian dan pembahasannya. Temuan penelitian ditunjang oleh data yang memadai. Temuan penelitian yang dimaksud di sini bukan data penelitian yang diperoleh. Temuan penelitian harus dijelaskan secara ilmiah: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh? Mengapa itu bisa terjadi? Mengapa tren variabelnya seperti itu? Semua pertanyaan itu harus dijelaskan secara ilmiah, tidak hanya deskriptif, dan ditunjang oleh data empiris yang memadai. Selain itu, harus dijelaskan juga perbandingannya dengan hasil penelitian lain yang relevan topiknya. Hasil penelitian harus mampu menjawab hipotesis dan/atau pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan di bagian pendahuluan.

 

Simpulan (Arial Narrow, 12 Pt)

Bagian simpulan menggambarkan jawaban dari tujuan penelitian atau temuan yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil penelitian dan pembahasannya, melainkan rangkuman temuan seperti yang diharapkan dalam tujuan penelitian dan implikasinya. Jika perlu, di bagian akhir kesimpulan dapat juga

dituliskan tindakan yang akan dilakukan sebagai kelanjutan dari penelitian itu.

 

Pengutipan Dan Pengacuan (Arial Narrow, 12 Pt)

 

Dalam penulisan dalam artikel lani tipe sitasi dan daftar pustaka menggunakan APA Style 5. Berikut contoh pengutipan sebagai berikut:

kutipan

Contoh Sitasi Dan Daftar Pustaka

Buku

Sitasi

Satu penulis (Littlejohn, 2002, h. 19) atau Littlejohn (2002, h. 19)

Dua penulis (Wimmer &Dominick 1997, h. 97) atau Wimmer dan Dominick (1997, h. 97)

Lebih dari dua penulis (Johnson, dkk., 2005) atau Johnson dkk. (2005)

Daftar Pustaka

[Nama belakang, Inisial. (tahun terbit). Judul buku. Tempat publikasi: Penerbit.]

Contoh: Littlejohn, S. W. (2002). Theories of human communication (7th ed.) California: Wadsworth.

[Nama belakang1, Inisial. & Nama belakang2, Inisial. (tahun terbit). Judul. Tempat publikasi: Penerbit.]

Contoh: Wimmer, R. D. & Dominick, J. R. (1997). Mass media research: an introduction (5th ed.). California: Wadsworth.

[Nama belakang 1, Inisial., Nama belakang 2, Inisial., Nama belakang 3, Inisial., Nama belakang 4., Inisial., Nama belakang 5, Inisial., Nama belakang 6., Inisial. et al. (tahun terbit). Judul. Tempat terbit: Penerbit.]

Contoh: Johnson, L., Lewis, K., Peters, M., Harris, Y., Moreton, G., Morgan, B. et al. (2005). How far is far? London: McMillan.

 

Jurnall Ilmiah

Sitasi

Satu penulis (Mellers, 2000) atau Mellers (2000)

Dua penulis (Schafer & Kang, 2008) atau Schafer & Kang (2008)

Lebih dari dua penulis (Skenderian, Siegel, Crano, Alvaro & Lac, 2008)

Daftar Pustaka

Skenderian, J., Siegel, J.T., Crano, W.D., Alvaro, E.E., & Lac, A. (2008). Expectancy change and adolescents’ intentions to use marijuana. Psychology of Addictive Behaviours, 22, 563-569.

 

Thesis

Sitasi

(Axford, 2007)

Daftar Pustaka

Axfort, J.C. (2007). What Constitutes success in Pasific Island Community Conserve areas? (Disertasi Doktoral, University of Queensland, 2007). Diakses dari http://espace.library.uq.edu.au/UQ:158747

 

Program Televisi

Sitasi

(Bryant, 2001)

Daftar Pustaka

Bryant, B. (Penulis). (2001, September 11). Friends [television broadcast]. Indonesia: RCTI

 

Koran

Sitasi

(Cook, 2002)

Daftar Pustaka

Cook, D. (2002, Januari 28). All in the mind, The Age, h.8.