Strategi Promosi Wisata Air Putri Waiyoho di Desa Kawa Kabupaten Seram Bagian Barat
Abstract
Penelitian ini membahas strategi promosi yang diterapkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Air Putri Waiyoho di Desa Kawa, Kabupaten Seram Bagian Barat. Pariwisata memiliki peran penting dalam perekonomian lokal, terutama di daerah dengan potensi alam yang besar, seperti Air Putri yang terkenal dengan keindahan alamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, untuk menggambarkan dan menganalisis strategi promosi yang diterapkan, termasuk penggunaan media sosial, penjualan personal, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pengelola belum sepenuhnya memanfaatkan media sosial secara optimal, kontribusi dari pengunjung yang mempromosikan wisata ini melalui media sosial pribadi sangat membantu. Selain itu, penjualan personal dan kerjasama dengan pemerintah daerah juga berperan dalam memajukan destinasi ini. Meskipun demikian, beberapa pengunjung masih mencatat bahwa fasilitas yang ada perlu ditingkatkan agar dapat memberikan kenyamanan lebih. Kesimpulannya, promosi yang dilakukan melalui berbagai saluran komunikasi efektif untuk meningkatkan kunjungan, tetapi perbaikan fasilitas juga diperlukan untuk mempertahankan minat pengunjung
Downloads
References
Ariyani, R. M., Dhameria, V., & Suyitno, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Promosi Media Sosial terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan di Waduk Setu Patok Kabupaten Cirebon. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 133–147. https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n2.p133-147
Baroroh, K. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah Ekowisata Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 16(2), 69–80. https://doi.org/10.21831/jep.v16i2.33268
Binarti, F. (2023). Pengembangan Potensi Pariwisata Desa Pengkol. Jurnal Atma Inovasia, 3(1), 76–80. https://doi.org/10.24002/jai.v3i1.5943
Delena, E. (2018). Praktek Pengungkapan Sosial Pada Laporan Tahunan di Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Di Pt Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 17(2), 117–130. https://doi.org/10.25105/mraai.v17i2.2046
Dwi Prakoso, A. H., Nugraha, R. A., & Kresnawati, M. A. (2022). Wonderful Indonesia: Citra Positif Pariwisata Indonesia Melalui Asean Tourism Forum 2018 – 2019. Journal Publicuho, 5(2). https://doi.org/10.35817/jpu.v5i2.25679
Fabian, D. D., & Winduwati, S. (2023). Interpretasi Personal Branding Ian Hugen dalam Menyuarakan Citra Positif Transgender di Media Sosial Instagram. Kiwari, 2(2), 222–228. https://doi.org/10.24912/ki.v2i2.24002
Helmita, H., Sari, O. N., Julianti, N. T., & Dwinata, J. (2021). Pengembangan Desa Wisata Berkonsep Smart Tourism Melalui Pemberdayaan Kompetensi Masyarakat Desa Pujorahayu. Gema : Jurnal Gentiaras Manajemen Dan Akuntansi, 13(1), 37–49. https://doi.org/10.47768/gema.v13i1.226
Iskandar, B., Valentina, A., & Bekti, S. N. P. (2021). Strategi Kreatif Perancangan Komunikasi Visual Pariwisata Indonesia “Temukan Lokalmu.” Jurnal Bahasa Rupa, 4(2), 177–185. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v4i2.771
Kristanto, T. B. A., & Aishya Putri, A. (2021). Pengembangan Masyarakat berbasis Aset sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat melalui Sektor Wisata Kebugaran di Indonesia. Journal of Social Development Studies, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.22146/jsds.2272
Nursalim, I., Sayuti, R. H., & Inderasari, O. P. (2021). Kontribusi Modal Sosial Dalam Pengembangan Desa Wisata Mas-Mas Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 6(1), 79. https://doi.org/10.17977/um021v6i1p79-92
Permana, E., Amalia, D., & Angelica Putri Agestin, J. (2024). Strategi Meningkatkan Minat Beli Konsumen Melalui Periklanan Produk Erigo Di Media Sosial Instagram. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(2), 216–223. https://doi.org/10.36985/pabxt822
Poti, J., & Hendrayady, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Sebagai Desa Wisata di Kabupaten Bintan. Takzim : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v1i1.3843
Salsabila, D., & Miswan, M. (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung Ke Museum Nasional Indonesia. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3, 274–281. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.230
Satrio, M. A. (2020). Upaya Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Pariwisata Mandalika Melalui Kerangka Branding ‘Wonderful Indonesia.’ Indonesian Perspective, 6(1). https://doi.org/10.14710/ip.v6i1.37513
Susiarti, S. (2015). Pengetahuan dan pemanfaatan tumbuhan obat masyarakat lokal di Pulau Seram, Maluku. In Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia. Masyarakat Biodiversitas Indonesia. https://doi.org/10.13057/psnmbi/m010519
Watmanlusy, E., Raharjo, M., & Nurjazuli, N. (2019). Analisis Spasial Karakteristik Lingkungan dan Dinamika Kepadatan Anopheles sp. Pengaruhnya terhadap Kejadian Malaria di Kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 18(1), 12. https://doi.org/10.14710/jkli.18.1.12-18
Copyright (c) 2024 Fonda Olga Liline1

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.