MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI SUPERVISI ADMINISTRASI KELAS DI SMA MUHAMMADIYAH TUAL

  • Jumila Latar Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Tual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melaksanakan supervisi administrasi kelas sehingga para guru mampu meningkatkan kompetensi pedagogiknya terutama dalam administrasi serta manajemen kelas yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus .Pada setiap siklus memiliki perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang berbeda-beda.Subyek penelitian kepala sekolah dan guru. Kepala sekolah dengan tindakan supervisi administrasi kelasnya, sedangkan guru SMA Muhammadiyah Tual sebagai obyek sekaligus subyek dalam pemberian perlakuan supervisi administrasi kelas.Teknik pengumpulan data melalui supervisi administrasi kelas dengan tahapan observasi kelas, untuk mencatat kejadian-kejadian penting yang berhubungan dengan penelitian.Teknik analisa data yang menjadi pedoman pengolahan data dengan menggunakan prosentase (%) pencapaian dengan konstanta 100.Dan untuk melihat  interpretasi dengan menggunakan kriteria interpertasi skor  untuk memperkuat penafsiran dalam kesimpulan sebagai berikut: 80% - 100%  (Baik Sekali),  66% - 79% ( Baik), 56% - 65% (Cukup), dan 40% - 55% (Kurang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pelaksanaan proses  pembelajaran mengalami peningkatan prosentase pada tiap tahapannya, dari hasil pra siklus, siklus I, siklus II, kemampuan guru dalam mengelola dan mengelola kelas  mengalami peningkatan prosentase pada tiap tahapannya, dari prasiklus baru mencapai 55,98 % (kurang ), pada siklus I mencapai 62,84% (baik), dan siklus II  68,14 % ( baik ).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-03
How to Cite
Latar, J. (2023). MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI SUPERVISI ADMINISTRASI KELAS DI SMA MUHAMMADIYAH TUAL. Lani: Jurnal Kajian Ilmu Sejarah Dan Budaya, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.30598/Lanivol4iss1page1-11