MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI SUPERVISI ADMINISTRASI KELAS DI SMA MUHAMMADIYAH TUAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melaksanakan supervisi administrasi kelas sehingga para guru mampu meningkatkan kompetensi pedagogiknya terutama dalam administrasi serta manajemen kelas yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus .Pada setiap siklus memiliki perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang berbeda-beda.Subyek penelitian kepala sekolah dan guru. Kepala sekolah dengan tindakan supervisi administrasi kelasnya, sedangkan guru SMA Muhammadiyah Tual sebagai obyek sekaligus subyek dalam pemberian perlakuan supervisi administrasi kelas.Teknik pengumpulan data melalui supervisi administrasi kelas dengan tahapan observasi kelas, untuk mencatat kejadian-kejadian penting yang berhubungan dengan penelitian.Teknik analisa data yang menjadi pedoman pengolahan data dengan menggunakan prosentase (%) pencapaian dengan konstanta 100.Dan untuk melihat interpretasi dengan menggunakan kriteria interpertasi skor untuk memperkuat penafsiran dalam kesimpulan sebagai berikut: 80% - 100% (Baik Sekali), 66% - 79% ( Baik), 56% - 65% (Cukup), dan 40% - 55% (Kurang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan prosentase pada tiap tahapannya, dari hasil pra siklus, siklus I, siklus II, kemampuan guru dalam mengelola dan mengelola kelas mengalami peningkatan prosentase pada tiap tahapannya, dari prasiklus baru mencapai 55,98 % (kurang ), pada siklus I mencapai 62,84% (baik), dan siklus II 68,14 % ( baik ).
Downloads
Copyright (c) 2023 Lani: Jurnal Kajian Ilmu Sejarah dan Budaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.