PEMANFAATAN MATERI SEJARAH POETRI MARDIKA DALAM MEMAJUKAN STATUS WANITA UNTUK MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK

  • Wilda Risa Inayati Program Studi Pendidikan Sejarah, FIS, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Pendidikan, Karakter, Sejarah, Poetri Mardika

Abstract

Dalam penelitian ini dibahas mengenai pemanfaatan materi sejarah dari organisasi Poetri Mardika. Dari meteri tersebut dapat diimplementasikan untuk peserta didik dan menumbuhkan nilai karakter terhadap peserta didik. Dimulai dari pendahuluan yang membahas pendidikan, pendidikan adalah proses pembelajaran yang dimaksudkan untuk membantu individu mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan. Pendidikan biasanya terdiri dari kegiatan belajar-mengajar yang diarahkan oleh guru atau instruktur, serta melibatkan siswa atau peserta didik dalam mempelajari keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Dengan adanya pendidikan wanita bisa menyamakan derajat dengan laki – laki, karena pendidikan dapat dijadikan sebagai sesuatu hal yang penting. Namun, pendidikaan sebenarnya tidak hanya untuk perempuan saja tetapi laki-laki juga butuh dengan pendidikan. Pendidikan adalah proses pembelajaran yang dimaksudkan untuk membantu individu mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan. Pendidikan biasanya terdiri dari kegiatan belajar-mengajar yang diarahkan oleh guru atau instruktur, serta melibatkan siswa atau peserta didik dalam mempelajari keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Kemudian terdapat nilai-nilai yang dapat didapatkan dari organisasi Poetri Mardika. Setelah nilai-nilai itu ada, maka nilai tersebut dapat diimplementasikan untuk peserta didik. Dengan melakukan implementasi materi Poetri Mardika dalam pembentukan karakter peserta didik, diharapkan siswa dapat mengembangkan rasa nasionalisme, semangat kebersamaan, dan kejujuran. Hal ini dapat membantu mereka menjadi individu yang memiliki karakter kuat, bertanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Dan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, G. P. (2020). Peranan Pembelajaran Sejarah Untuk Pembentukan Karakter Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 802–815.
Guest, H. Manfaat Kesadaran Sejarah Dalam Membangun Karakter Bangsa.
Gulo, F. (2018). Sejarah Alternatif Sebagai Sumber Penguatan Pendidikan Karakter. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 147-154.
Hartono, Y. (2011). Pembelajaran Yang Multikultural Untuk Membangun Karakter Bangsa. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 1(1), 29–45. https://doi.org/10.25273/ajsp.v1i1.125
Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1).
Lickona, Thomas. (2012). Educating For Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter, (terjemahan) Jakarta: Bumi Aksara.
Ohorella, G.A. Dkk. (1992). Peranan Wanita Indonesia Dalam Pergerakan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Pradita, S. M. (2020). Sejarah Pergerakan Perempuan Indonesia Abad 19–20: Tinjauan Historis Peran Perempuan dalam Pendidikan Bangsa. CHRONOLOGIA, 2 (2), 12–27.
Rahardjo. (1917, Oktober). Wellevenbeid Bagian I. Poetri Mardika, 4(10), 103.
Romadi, R., & Kurniawan, G. F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore Untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(1), 79–94.
Sadikoen. (1915). Perobahan Alam Perempoan. Poetri Mardika, 2(6), 63.
Sastrapratedja SJ, M. (2013). Pendidikan Sebagai Humanisasi, Jakarta: Pusat Kajian Filsafat dan Pancasila.
Siswati, S., Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1-13.
Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).
Suparjan, E. (2019). Pendidikan Sejarah Untuk Membentuk Karakter Bangsa. Deepublish.
Suryochondro, S. (1984). Potret Pergerakan Wanita Di Indonesia. Jakarta: CV Rajawali.
Susanti, S., & Purwiyastuti, W. (2018). Manfaat Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Sejarah Terhadap Pembentukan Moral Peserta Didik. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 12(1), 8-17.
Susanto, H. (2020). Pedagogi Sejarah, Nasionalisme Dan Karakter Bangsa.
Syani, A. (1995). Sosiologi Dan Perubahan Masyarakat. Unila Bandar lampung: Pustaka Jaya
Yanti, R. D. (2020). Potret Gerakan Perempuan pada Abad Ke 20 di Batavia: Poetri Mardika 1912. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3 (2), 135–144.
Published
2023-04-15
How to Cite
Inayati, W. (2023). PEMANFAATAN MATERI SEJARAH POETRI MARDIKA DALAM MEMAJUKAN STATUS WANITA UNTUK MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK. Lani: Jurnal Kajian Ilmu Sejarah Dan Budaya, 4(1), 27-42. https://doi.org/10.30598/Lanivol4iss1page13-28