PENGARUH RISIKO KREDIT DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS BANK DENGAN TINGKAT KECUKUPAN MODAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Studi Kasus Pada Bank Umum Konvensional Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2017-2021

  • Ramwati Fauziyah Lestaluhu Universitas Pattimura
  • Josef R. Pattiruhu Universitas Pattimura
  • Steven Siaila Universitas Pattimura
Keywords: Risiko Kredit, Likuiditas, Profitabilitas dan Tingkat Kecukupan Modal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai Profitabilitas Bank Konvensional terkhusus yang berkaitan dengan kegiatan penyaluran dana dalam hal ini risiko kredit dan likuiditas serta Kecukupan Modal sebagai variable Moderating dari kedua variable terikat untuk mengetahui Profitabilitas Bank.

Subjek penelitian ini adalah bank konvensional yang listing di BEI tahun 2017-2021. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 24 Bank Umum Konvensional yang terdaftar di BEI. Data yang digunakan berupa data sekunder yang berasal dari laporan tahunan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis regresi linear berganda serta untuk menganalisis variable moderating menggunakan uji MRA (Moderated Regression Analysis).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Risiko Kredit dan Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Bank. Dan Tingkat kecukupan modal tidak mampu memoderasi pengaruh Risiko Kredit dan Likuiditas terhadap Profitabilitas Bank.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-08
How to Cite
Lestaluhu, R., Pattiruhu, J., & Siaila, S. (2024). PENGARUH RISIKO KREDIT DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS BANK DENGAN TINGKAT KECUKUPAN MODAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 115-123. https://doi.org/10.30598/manis.7.2.115-123