DINAMIKA BRAND SWITCHING DALAM ISU GLOBAL: PRODUCT KNOWLEDGE, RELIGIOSITY DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH
Abstract
Unilever menjadi salah satu perusahaan yang terkena dampak dari aksi boikot. Akibat dari fenomena Masyarakat Indonesia mulai membatasi diri dengan tidak lagi membeli produk – produk yang dianggap mendukung genosida dan memilih untuk berganti ke produk lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Product Knowledge (X1), Religiosity (X2) dan Electronic Word of Mouth (X3) terhadap Brand Switching (Y) pada produk Unilever. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah adalah konsumen atau orang – orang yang pernah memakai produk – produk dari Unilever, dengan total sampel yang diteliti sebanyak 100 sampel. Penelitian ini berlokasi di Kota Ambon. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah teknik purposive sampling. Pengujian dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 23 dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Product Knowledge berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Brand Switching, sedangkan Religiosity dan Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh positif signifikan. Berdasarkan hasil uji nilai R Square (R2) Product Knowledge, Religiosity dan Electronic Word of Mouth mempengaruhi Brand Switching sebesar 64,8% dan sisanya 35,2% dipengaruhi oleh variabel lain.
Downloads
References
Aisah Asnawi. (n.d.). Berpindah Merek Produk Saat Covid19: Pengaruh Pengetahuan Produk dan Pemasaran Media Sosial.
Amir Hidayatulloh, & Sartini. (2020). Pengaruh religiusitas dan love of money terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 17(1), 28–36.
Artantri Nugraheni, Sobrotul Imtikhanah, & Fadli Hudaya. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, LABEL DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK HALAL DENGAN HARGA SEBAGAI MEDIASI. file:///C:/Users/BRI/Downloads/592-Article%20Text-1217-1-10-20210905.pdf
Asnawi, N., & Masyhuri. (2011). Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN-Maliki Press.
Asnawi, R. A. A., Tamher, E. R., & Pelupessy, M. (2021). THE EFFECT OF PRODUCT KNOWLEDGE AND SOCIAL MEDIA MARKETING ON THE BRAND SWITCHING OF FAST MOVING CONSUMERS GOODS PRODUCTS DURING THE COVID 19 PANDEMIC. Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 37–46. https://doi.org/10.30598/manis.4.2.37-46
Azhar, M., Sutiono, H. T., & Wisnalmawati, W. (2021). The Effect Of Digital Marketing And Electronic Word Of Mouth On Purchase Decisions And Customer Satisfaction. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(1), 289–305.
Dary, R. W., & Pudjihardjo, M. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Religiusitas Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Spaylater. Islamic Economics and Finance in Focus, 1(3), 252–263. https://ieff.ub.ac.id/index.php/ieff/article/view/17
Dematria Pringgabayu, Agus Rahayu, Heny Hendrayati, & Ayuningtyas Yuli Hapsari. (2023). Brand Switching Behavior Influenced by Product Attributes and Variety Seeking with Consumer Trust as a Mediating Variable. Jurnal Multidisiplin Madani, 3(1), 106–129. https://doi.org/10.55927/mudima.v3i1.2421
El-Menouar, Y., & Stiftung, B. (2014). The Five Dimensions of Muslim Religiosity. Results of an Empirical Study. 8(1), 53–78. https://doi.org/10.12758/mda.2014.003
Eviyana Rosyidah, F., Nur Cholidah, L., & Muklis Sulaeman, M. (2024). Pengaruh Prior Experince, Variety Seeking Dan Product Knowledge Terhadap Brand Switching. In Journal of Business Innovation and Accounting Research (Vol. 1, Issue 3). http://educo-insight.com/journal/index.php/jbiar
Fadhli Nursal, M., Rianto, M. R., Rohaeni, H., & Saputra, F. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Bekasi. 1(3). https://doi.org/10.38035/jmpd.v1.i3
Firdaus, M. I., & Rahardjo, M. (2015). ANALISIS PENGARUH HARGA, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI, DAN WORD OF MOUTH DALAM PERILAKU BRAND SWITCHING PADA MINUMAN BERSODA COCA-COLA KE BIG COLA. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 4(1), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Garrido-Castro, E., Torres-Peña, F. J., Murgado-Armenteros, E. M., & Torres-Ruiz, F. J. (2024). Consumer knowledge in marketing: a critical review and research agenda. Spanish Journal of Marketing-ESIC.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indriani, A. R., & Pasharibu, Y. (2020). PENGARUH MENCARI VARIASI, KETIDAKPUASAN KONSUMEN, HARGA dan eWOM TERHADAP PERPINDAHAN MEREK (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung Galaxy Series yang Berpindah ke iPhone). In Jurnal Ekobis Dewantara (Vol. 3, Issue 2).
Mar’ah Lestari, Dewi Kurniari, & Wanti Fitrianti. (2020). PERPINDAHAN MEREK (BRAND SWITHCING BEHAVIOR) PADA AIR MINUM DALAM KEMASAN DI KOTA PONTIANAK: Vol. XIX (Issue 3).
Muhiban, A., & Putri, E. K. (2022). Pengaruh Tampilan Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee (Studi Kasus Konsumen Shopee di PT. Gucci Ratu Textile Kota Cimahi). Jurnal EMT KITA, 6(2), 249–266. https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.633
Palma, M. A., Iriani, S. S., & Harti, H. (2021). Effect of Variety Seeking and Electronic Word of Mouth on Brand Switching (Study on Millennial Generation as Modern Coffee Shop Consumers in Surabaya). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(8), 333-345.
Rachmawati, E. (2018). THE REVIEW OF UNDERSTANDING OF PRODUCT KNOWLEDGE DIFFERENCES.
Rahmawati, S. (2020). PENGARUH NILAI RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN BOIKOT PRODUK KFC (Studi Pada Konsumen Muslim Bandar Lampung). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(1), 10.
Rahmawati, S., Ali, S., Subagja, G., Bisnis, I. A., & Lampung, U. (2020). PENGARUH NILAI RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAPKEPUTUSAN BOIKOT PRODUK KFC (Studi Pada Konsumen Muslim Bandar Lampung) THE EFFECT OF RELIGIOSITY VALUE AND PRODUCT KNOWLEDGE ON THE BOYCOTT DECISION KFC PRODUCT (Study Moeslim Consumer Bandar Lampung). In Jurnal Kompetitif Bisnis (Vol. 1, Issue 1).
Safitri, A., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Dissatisfaction, Variety Seeking, Electronic Word of Mouth, dan Religiosity terhadap Brand Switching Produk Kosmetik Lain ke Kosmetik Wardah pada Mahasiswi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(01), 26–35. file:///C:/Users/BRI/Downloads/5427-9654-1-SM-3.pdf
Safitri, A., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Dissatisfaction, Variety Seeking, Electronic Word of Mouth, dan Religiosity terhadap Brand Switching Produk Kosmetik Lain ke Kosmetik Wardah pada Mahasiswi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(01), 26–35. file:///C:/Users/BRI/Downloads/5427-9654-1-SM-3.pdf
Sihaloho, M. J. (2022). IMPLIKASI PENGETAHUAN PRODUK, TINGKAT KEPUASAN DAN PREFERENSI PEMBELIAN TERHADAP BRAND SWITCHING PADA PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY SERIES A DI BANDAR LAMPUNG. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66109
Slamet Widodo, S. S. , dr.Festy Ladyani, M. K., La Ode Asrianto, SKM. , M. K. Ns., & Rusdi., S. Kep. , M. K. (n.d.). BUKU AJAR METODE PENELITIAN.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.
Sungadi, S. (2020). Pengaruh Religiusitas terhadap Kematangan Karier Pustakawan Kajian Empiris pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Daerah Istimewa Yogyakarta. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(1). https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss1.art3
Unilever. (2023). Instagram. Diakses 15 Desember 2023. https://www.instagram.com/p/Cen7eT_L1sx/
Widyadhari, N. P. (2021). PENGARUH RELIGIUSITAS, KEPERCAYAAN KONSUMEN, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND SWITCHING PRODUK KOSMETIK EMINA PADA MAHASISWI UIN ANTASARI BANJARMASIN. http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17332
Yuanita, T. (2017). Analisa Pengaruh Persepsi Dan Pengetahuan Wanita Muslim Golongan Menengah Terhadap Brand Switching Kosmetik Halal. Jurnal Ekonomi, 19(3), 239–255. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/2
Copyright (c) 2025 Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.