ANALISA FAKTOR–FAKTOR KEPUASAN LAYANAN MITRA KERJASAMA PADA UNIVERSITAS PATTIMURA
Abstract
Universitas Pattimura telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kerjasama dengan mitra baik dalam maupun luar negeri dengan berbagai bidang mitra kerjasama antara lain pemerintahan, pendidikan maupun swasta. Jumlah kerjasama di tahun 2022 sebanyak 211 mitra kerjasama, tahun 2023 sebanyak 185 mitra kerjasama dan di tahun 2024 sebanyak 85 mitra. Untuk menguji tingkat kepuasan terhadap mitra kerjasama Unpatti maka perlu dilakukan evaluasi terhadap kegiatan Kerjasama yang dilaksanakan dan survey layanan kepuasan terhadap mitra. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner melalui link google, maupun wawancara langsung dengan mitra kerjasama. Untuk meneliti tentang faktor yang sangat berpengaruh terhadap layanan kepuasan mitra kerjasama, penelitian ini berfokus dengan melihat faktor komunikasi, Kendalan, cepat dan tanggap, kepastian, sinergitas. Hasil penelitian yang dilakukan mendapati, faktor komunikasi menunjukan angka/skors indeks cukup puas sebanyak 1%, puas sebanyak 58% dan sangat puas sebanyak 41%. Faktor keandalan cukup puas sebesar 0.67%, puas sebanyak 46.67% dan sangat puas sebanyak 38%. Faktor cepat dan tanggap responden menjawab puas sebanyak 38% dan sangat puas sebesar 62%. Untuk faktor kepastian responden menjawab puas sebanyak 38% dan sangat puas sebanyak 62%. Faktor sinergitas responden puas sebanyak 53% dan sangat puas sebanyak 47%. Rata – rata responden puas sebanyak 46.40 dan sangat puas sebanyak 53.33%. dan rata-rata skors indeks per butir pertanyaan sebesar 3.55 dan dapat disimpulkan bahwa hasil survei kepuasan mitra kerjasama Unpatti adalah BAIK.
Downloads
References
Ardhitya. (2014).”Analisa Risiko Public Private Partnership Dengan Pola Kerjasama Build Operate Transfer Pada Rest Area Di Jalan Bebas Hambatan”. Tesis. Surabaya:Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Fakultas Hukum Unram. Jurnal Dinamika Hukum, Vol. 12 No. 3, September 2012.
Asikin, Zainal. (2015). Perjanjian Kerjasama Antara Pemerintah dan Swasta Dalam Penyediaan Infrastruktur Publik. Fakultas Hukum Unram. Jurnal MIMBAR HUKUM, Volume 25, Nomor 1, Februari 2013, Halaman 55-67.
Bahtiar, R. (2014). Implementasi Kerja Sama Pemerintah dan Swasta Dalam Pembangunan Infrastruktur Sektor Air Minum di Indonesia. Pusat Penelitian Economic LIPI. Jurnal Economic dan Pembangunan, Vol. 22 No. 2, 2014.
Berthanila, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi pada PT Pegadaian (Persero) Pegadaian Unit Pelayanan Cabang Labuan). Sawala, 5(2), 7–16. https://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/Sawala/article/view/464
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta. Notoatmodjo, Soekidjo. 2014. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka
Cipta. Pohan, Imbalo S. 2016. Jaminan Mutu layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Wijono,
Djoko. 2017. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pelayanan Publik.
Sumale, J, E,-. Dyrgo, H. Mantur, M. (2025). Pengaruh Keandalan dan Daya Tanggap Terhadap Kepuasan Pensiunan di PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Manado. Journal of Mandalika Literature 6(1) 2025, 392-401
Copyright (c) 2025 Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.