Loyalitas Konsumen: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Merek Sepatu Olahraga

  • Aisah Asnawi Universitas Pattimura
  • Muhammad Rais Universitas Pattimura
Keywords: Loyalitas konsumen, Atribut Produk, Kepercayaan Merek, Harga

Abstract

Tidak mudah membangun loyalitas konsumen dalam industri fashion yang dikenal sangat kompetitif. Loyalitas konsumen dalam memilih sepatu olahraga ditentukan oleh banyak faktor sehingga dibutuhkan penelitian yang mengarah pada variabel-variabel yang spesifik dan tepat. Atribut Produk, Kepercayaan Merek dan Harga menjadi beberapa faktor yang menentukan loyalitas konsumen terhadap salah satu merek sepatu olahraga. Penelitian ini bertujuan menguji seberapa besar faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen di Kota Ambon dalam menentukan merek sepatu olahraga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, deskriptif dengan menggunakan analisis regresi linier menguji tiga hipotesis yang hendak di teliti. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang berdomisili di Kota Ambon.  Berdasarkan hasil uji regresi berganda dapat di ketahui bahwa variabel atribut produk memiliki pengaruh lebih besar terhadap loyalitas konsumen dibandingkan variabel kepercayaan merek dan harga dengan hasil regresi sebesar 0.316. Sedangkan  pengaruh variabel kepercayaan merek adalah sebesar 0.209 dan pengaruh harga adalah 0.172. variabel atribut produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sepatu olahraga adidas di kota Ambon. Hal ini menunjukkan bahwa atribut produk yang melekat pada sepatu olahraga menjadi hal utama yang menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli dan melakukan pembelian ulang sebuah merek yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bilson Simamora. (2001). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel (1st ed.). Jakarta: Gramedia.

Ghozali. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (4th ed.). Semarang: Universitas Diponerogo.

Hair, J.F., Jr., R.E. Anderson, R.L., T. & W. C. B. (1998). Multivariate Data Analysis, Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Hasan. (2008). Manajemen Pemasaran. yogyakarta: Raja Grafindo.

Herizon dan Maylina. (2003). faktor faktor yang mempengaruhi kesetiaan. (konsumen pasta gigi pepsodent di surabaya).

Kotler dan Armastrong. (2010). Prinsip - Prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2006). manajemen pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Lau dan Lee. (1999). Consumer Trustin Brand And The Link to Brand Loyality. Jurnal of Market Focused Management, 4(Brand Loyality).

Ryan. (2002). Accountability Disclosures by Queensland Local Goverment Counclis 1997 - 1999. Financial Ac- Cuontability and Management, 8, 261–289.

Safitri. (2014). Analisa Hubungan Return dan resiko saham dengan menggunakan metode capital. Jurnal Ilmu Riset Dan Akuntansi.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&G. Bandung: CV. Alfabet.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kaulitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabet.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&G. Bandung: CV. Alfabet.

Tjahyadi. (2006). Brand Trust dalam Konteks Loyalitas Merek. Jurnal Manajemen Pemasaran, 5, 35–45.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Yogyakarta: ANDI.

Umar. (2010). metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Jakarta: Graha Ilmu.
Published
2020-08-10
How to Cite
Asnawi, A., & Rais, M. (2020). Loyalitas Konsumen: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Merek Sepatu Olahraga. Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.30598/manis.4.1.1-12