STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN REMEDIAL PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA SWASTA KARTIKA XIII-1 AMBON
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan miskonsepsi peserta didik pada materi struktur atom menggunakan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran remedial di kelas X IPA SMA Swasta XIII-1 Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental with one group pre-test and posh-test design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 48 peserta didik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 21 peserta didik dalam kelas X IPA Swasta XIII-1 Ambon. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument tes berupa soal tes dan non tes berupa lembar wawancara dan di analisis menggunakan tabel interpretasi hasil Four-tier. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi konflik kognitif efektif dalam mereduksi miskonsepsi. Rata-rata persentase miskonsepsi peserta didik sebelum remediasi adalah 56% termasuk dalam kategori sedang tetapi setelah dilakukan remediasi menggu
Downloads
Copyright (c) 2024 Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.