STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN REMEDIAL PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA SWASTA KARTIKA XIII-1 AMBON

  • Yulianti Yesayas UNIVERSITAS PATTIMURA
  • Napsin Palisoa Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Pattimura
  • Sunarti Sunarti Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Pattimura
Keywords: Struktur Atom, strategi konflik kognitif, peserta didik, remedial, miskonsepsi

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan miskonsepsi peserta didik pada materi struktur atom menggunakan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran remedial di kelas X IPA SMA Swasta XIII-1 Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental with one group pre-test and posh-test design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 48 peserta didik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 21 peserta didik dalam kelas X IPA Swasta XIII-1 Ambon. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument tes berupa soal tes dan non tes berupa lembar wawancara dan di analisis menggunakan tabel interpretasi hasil Four-tier. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi konflik kognitif efektif dalam mereduksi miskonsepsi. Rata-rata persentase miskonsepsi peserta didik sebelum remediasi adalah 56% termasuk dalam kategori sedang tetapi setelah dilakukan remediasi menggu

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-18
How to Cite
Yesayas, Y., Palisoa, N., & Sunarti, S. (2024). STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN REMEDIAL PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA SWASTA KARTIKA XIII-1 AMBON. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 14(2), 104-111. https://doi.org/10.30598/MJoCEvol14iss2pp104-111
Section
Articles