PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA E-MAGAZINE BERBASIS LITERASI SAINS PADA KONSEP TERMOKIMIA DI KELAS XI SMA NEGERI 22 MALUKU TENGAH

  • Sarinda Soleda Lewenussa Universitas Pattimura
  • Fatma Al Hamid
  • Abraham Mariwy
Keywords: Model blended learning, media e-magazine berbasis literasi sains, termokimia, hasil belajar

Abstract

Dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran blended learning berbantuan media e-magazine pada konsep termokimia. Model blended learning adalah model yang sifatnya gabungan sedangkan media e-magazine adalah semacam majalah elektronik yang dinikmati via online. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 2 dengan jumlah 28 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan tipe penelitian one grup pretest posttest design. Pengambilan data menggunakan instrument tes dan non tes, Teknik analisa menggnakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, telah ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 100 %, terdiri dari 8 peserta didik (28,57%) dengan kualifikasi sangat baik, 14 peserta didik (50%) dengan kualifikasi baik dan 6 peserta didik (21,43%) dengan kualifikasi cukup. Data n-gain yaitu 15 peserta didik (53,57%) pada kategori tinggi dan 13 peserta didik (46,43%) pada kategori sedang, dengan rata-rata n-gain sebesar 0,71 % pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahawa terjadi peningkatan hasi belajar peserta didik setelah penerapan model blended learning dan media e-magazine berbasis literasi sains pada konsep termokimia di kelas XI SMA Negeri 22 Maluku Tengah.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-10
How to Cite
Lewenussa, S., Al Hamid, F., & Mariwy, A. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA E-MAGAZINE BERBASIS LITERASI SAINS PADA KONSEP TERMOKIMIA DI KELAS XI SMA NEGERI 22 MALUKU TENGAH. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 13(2), 121-131. https://doi.org/10.30598/MJoCEvol13iss2pp121-131
Section
Articles