PENERAPAN MEDIA VCD (VIDEO COMPACT DISC) INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 LEIHITU
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan menggunakan media VCD (Video Compact Disc) interaktif pada konsep laju reaksi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Leihitu. Pengumpulan data dilakukan melalui tes menggunakan lembar tes awal dan akhir serta observasi menggunakan lembar pengamatan afektif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor dengan nilai akhir yang diperoleh adalah kualifikasi sangat baik 9 siswa (34,62%), kualifikasi baik 13 siswa (50%) dan kualifikasi cukup 4 siswa (15,38%). Data pencapaian N-gain yang diperoleh yaitu 25 siswa (96,15%) mencapai kategori N-gain tinggi dan 1 siswa (3,85%) mencapai N-gain sedang, data pencapaian dengan kriteria N-gain yang diperoleh adalah 0,84. Dengan demikian penerapan media VCD interaktif dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa konsep laju reaksi di kelas XI SMA Negeri 3 Leihitu.
Downloads
References
Arif, S. S., Rahardjo, R., Haryono, A. (2013). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif & Kualitatif (Ed. 1, cet, 5). Jakarta: Rajawali Pers.
Hendrisakti, H., Damris, M., Asrial, A. (2013). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif, Multimedia Noninteraktif dan Minat Belajar terhadap Kompetensi Kimia Siswa MAN Cendekita Jambi. Jurnal Edu-Sains. 1(2),24
Gusbandono, T., Sukardjo, J. S., Utomo, S. B., (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Divvision (STAD) Dilengkapi Media Animasi Macro Media Flash dan Plastisin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Sambung Macan Tahun Pelajaran 2012/2013. Program Studi Pendidikan Kimia, PMIPA, FKIP, UNS, Surakarta, Indonesia. Jurnal Pendidikan Kimia. 102-109,2337-9995.
Martini, J. (2006). Perkembangan Dan Pengembangan Anak. Jakarat: Gramedia
Novita, P. (2017). Pengaruh pemanfaatan media VCD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid di Kelas XI SMAN 10 Aceh Barat Daya. Skripsi. Universitas Islam NegeriAr-Raniry Darussalam. Banda Aceh
Nuraeni, N. (2010). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Generative Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandung: UPI
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. PT Rineka Cipta