PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR (SAC) PADA MATERI TERMOKIMIA
Abstract
Integrasi teknologi dalam pembelajaran memungkinkan terciptanya berbagai media interaktif yang mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android dengan menggunakan Smart Apps Creator pada materi termokimia. Pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan 4-D, yang mencakup tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 31 Maluku Tengah. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, dan angket respons peserta didik. Anasisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif berdasarkan kategori penilaian kelayakan dan kepraktisan media. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata persentase uji kelayakan oleh ahli materi adalah sebesar 96% dan ahli media sebesar 94%, dengan kategori sangat layak, sedangkan rata-rata persentase uji kepraktisan oleh peserta didik adalah sebesar 98%, dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis android dengan menggunakan Smart Apps Creator yang dikembangkan, sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia khususnya materi termokimia.
Downloads
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi III). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Armianti, R., Yunita, S., & Dharma, S. (2024). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Edu Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 782–792.
Hutasoit, Dewi. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Disertai Quiz HOTS Berbantuan Smart Apps Creator Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Thesis, Universitas Jambi.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. (2024). Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan Edisi Revisi Tahun 2024. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. (2024). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Khasanah & Rusman. (2021). Development of Learning Media Based on Smart Apps Creator. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1006-1016.
Khoiorni, R., Priatmoko, S., & Prasetya, A. T. (2023). The Effectiveness of Android-Based Media in Chemistry Learning to Improve Chemistry Literacy and Learning Motivation. International Journal of Active Learning, 8(1), 10-20.
Mahuda, I., Nasrullah, A., & Ranny, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 516–529.
Overby, J., & Chang, R. (2022). Chemistry (14th ed.). McGraw-Hill.
Priliyanti, A., Muderawan, I., & Maryam,S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Kimia Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11-18.
Rasyidah, Suharto, B., Kusasi, M., & Rusmansyah. (2024). Identifikasi Kesulitan Peserta Didik Dalam Memahami Konsep Termokimia Menggunakan “Two-Tier Multipl Choice Diagnostic Testpada Peserta Didik kelas XI MIA. JCAE (Journal of Chemistry and Education), 7(1), 49-55.
Sinaga, W. S. E., Yusnaidar, Syahri, W., & Muhaimin. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Multipel Representasi pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(2), 191-201.
Solikhin, F., & Wijanarko, A. (2021). The Development of Android-Based Learning Media (Chemdroid) on The Topic Thermochemistry to Improve The Students’ Achievement. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 6(2), 138-152.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 48-56.
Uliyandari, M., & Sutarno. (2023). The development of Android-based TMC (Thermochemical) Learning Media Assisted by Smart Appas Creator to Improve Students’ Learning Outcomes. Science Educational Journal (SEJ), 7(1), 33-56.
Copyright (c) 2025 Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.