PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BASED-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 AMBON

  • Semuel Unwakoly Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • Conny Sapulette Dinas Pendidikan dan Olahraga, SMP Negeri 1 Ambon
Keywords: Model Pembelajara, IBL, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran langsung dengan pendekatan inquiry based-learning (IBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ambon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif, dimana setiap data yang diperoleh akan dideskripsikan dan dianalisis menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua siswa mencapai ketuntasan minimum yang ditetapkan dengan 13,33% siswa memperoleh kualifikasi sangat baik, 63,33 % baik dan 23,33 % berada pada kualifikasi cukup. Sedangkan rata-rata skor pencapaian 75,50 berada pada kualifikasi baik. Dengan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan banwa penerapan model pembelajaran langsung dengan pendekatan IBL dapat membantu siswa memperoleh hasil belajar yang maksimum

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrian. 2004. Metode Mengajar BerdasarkanTipologi Belajar Siswa. 20-10-2004. 14.00 (Diakses melalui http://artikel.us/art05-65.html, tanggal 15 Agustus 2014)
Amin, Moh. 1987. Mengajarkan IPA dengan menggunakan Metode Discovery dan Inquiry, Depdikbud. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Sistem, Rineka Cipta, Jakarta.
Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang press
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Diknas, 2002. Pedoman Umum Pengembangan Sistem Pengujian Berbasis Kemampuan Dasar SLTP, Depdiknas, Jakarta
Druxes, dkk.1986. Kompedium Dikdatik Fisika. Remaja Karya, Bandung
Jasin, dan Anwar, 1996 Pembalajran Efektif. Jakarta: Gramedia Widiasarana
Memes, & Wayan 2000. Model Pembalajaran Kimia Di SMP, Depdiknas Jakarta:
Mulyasa, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Rosda Karya,Bandung
Nurhadi, 2003. Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and learning / CTL) Dan penrapannya dalam KBK,UM PRESS,Malang
Purwanto, Ngalim, 2000. Prinsip –prinsip dan teknik evaluasi Pengajaran, Rosda Karya,Bandung
Slameto, 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara
Subino, 1987. Konstruksi dan Analisis Tes (Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan pengukuran). Depdikbud, Jakarta
Sudjana, & Nana, 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya, Bandung
Suyitno, Amin, dkk. 2005. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Program Percepatan SMP 2 Negeri Semarang dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran dengan Pendekatan IBL sebagai Strategi yang Berasosiasi dengan CTL. Skripsi
Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Prestasi Pustaka,Jakarta
Published
2018-07-12
How to Cite
Unwakoly, S., & Sapulette, C. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BASED-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 AMBON. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 8(2), 113-120. https://doi.org/10.30598/MJoCEvol8iss2pp113-120