PENERAPAN LKS EKSPERIMEN PADA KONSEP ASAM DAN BASA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 MASOHI KABUPATEN MALUKU TENGAH
Abstract
Proses pembelajaran yang kurang menarik dengan hanya berorientasi pada guru dan tidak mengembangkan kemampuan berpikir siswa serta sarana pendukung yang tidak memadai di kelas, merupakan penyebab hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Masohi pada materi Kimia tidak mamuaskan. Untuk dapat memperbaiki hasil belajar maka diperlukan penerapan media yang sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran kimia adalah dengan menerapkan eksperimen atau demonstrasi di kelas. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen sebagai media pembelajaran dianggap sebagai salah satu cara yang tepat untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan LKS Eksperimen pada konsep asam dan basa terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masohi Kabupaten Maluku Tengah. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif yang merupakan metode yang tepat untuk melihat hasil belajar yang akan diperoleh. Data penelitian yang diperoleh adalah sebanyak 32 siswa (100%) mencapai ketuntasan belajar dengan 14 siswa (43,8%) dengan kualifikasi sangat baik, dan 18 siswa (56,2%) dengan kualifikasi baik pada konsep asam dan basa. Hal ini menunjukkan bahwa dengan melakukan eksperimen dengan menggunakan LKS dapat membantu penguasaan konsep belajar dari siswa pada materi-materi kimia di SMP
Downloads
References
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning. Nusa Media, Jakarta
Sudijono, 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Grafindo Persada
Wenno, I, H. 2008. Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Penerbit Inti Media, Yogyakarta
Copyright (c) 2020 Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.