Author Guidelines

 

Penulis hanya diperbolehkan mengirim naskah secara online, dengan terlebih dulu melakukan registrasi di DAFTAR. Setiap artikel yang dimasukkan, diwajibkan mengikuti syarat dan ketentuan berdasarkan Panduan Penulisan yang dibuat oleh RPBJ, sebagai berikut:

  • Naskah jurnal yang diusulkan merupakan naskah asli yang belum pernah diterbitkan dalam artikel apapun, atau sedang dalam proses pengusulan di jurnal atau publisher lainnya.
  • Naskah yang diusulkan dapat berupa studi maupun hasil penelitian di bidang biologi, dan cabang ilmunya seperti biodiversitas, mikrobiologi, ekologi, zoologi, botani, genetika, molekuler, bioteknologi, biosistematika, parasitologi, perilaku, pertanian, dan kehutanan.
  • Naskah jurnal ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan aturan; Times New Roman (Jenis huruf), font 11 (Ukuran huruf) dengan spasi tunggal dan satu kolom
  • Abstrak merupakan ringkasan dari keseluruhan isi naskah yang harus berisi latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Abstrak terdiri dari 150 - 200 kata yang ditulis dalam bahasa Indonesia dengan jenis huruf Times New Roman dan ukuran font 10. Kata kunci diketik Italic, ukuran font 10, ditulis dalam Bahasa Indonesia.
  • Nama penulis ditulis tanpa disertai gelar akademik. Apabila naskah dibuat lebih dari satu orang (Tim), maka editor akan berkomunikasi hanya dengan Corresponding Author.
  • Alamat email yang dicantumkan hanya alamat email dari Corresponding Author
  • Naskah jurnal disusun menjadi beberapa bagian, tersusun dari; a) Pendahuluan : Latar belakang, identifikasi masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. b) Metode : Deskripsi alat dan bahan dalam penelitian, prosedur kerja, dan analisis yang dilakukan. c) Hasil dan Pembahasan: Berisi hasil penelitian atau hasil analisis, dan dapat dibagi menjadi beberapa sub-bagian. d) Kesimpulan : ditulis pada bagian akhir dalam bentuk paragraf atau dipisahkan dan diberi nomor. e) Ucapan terima kasih (Bila ada) : Berisi ucapan terima kasih kepada perorangan, lembaga atau pimpinan lembaga yang ikut berperan dalam penyelesaian naskah jurnal. e) Referensi : ditulis berurutan sesuai dengan gaya kutipan IEEE. Referensi dapat bersumber dari buku dan artikel ilmiah seperti jurnal atau prosiding, yang terbit dalam 10 tahun terakhir.
  • Naskah yang diusulkan harus bebas dari unsur plagiasi dan pemalsuan data.
  • Apabila dalam proses review terjadi revisi dari reviewer, maka penulis wajib merevisi naskah sesuai dengan batas waktu yang ditentukan oleh Editor.
  • Jurnal ini bersifat terbuka (bebas akses), dan proses pengajuan sampai penerbitan jurnal bebas biaya administrasi.