Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 11-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

 

Penulis hanya diperbolehkan mengirim naskah secara online, dengan terlebih dulu melakukan registrasi di DAFTAR. Setiap artikel yang dimasukkan, diwajibkan mengikuti syarat dan ketentuan berdasarkan Panduan Penulisan yang dibuat oleh RPBJ, sebagai berikut:

>   Naskah jurnal yang diusulkan merupakan naskah asli yang belum pernah diterbitkan dalam artikel apapun, atau sedang dalam proses pengusulan di jurnal atau publisher lainnya.

>   Naskah yang diusulkan dapat berupa studi maupun hasil penelitian di bidang biologi, dan cabang ilmunya seperti biodiversitas, mikrobiologi, ekologi, zoologi, botani, genetika, fisiologi, bioteknologi, biosistematika, parasitologi, etologi, biologi laut, pertanian, kehutanan, bidang lainnya yang relevan dalam biologi.

>   Naskah jurnal ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan aturan; Times New Roman (Jenis huruf), font 11 (Ukuran huruf) dengan spasi tunggal dan satu kolom

>   Abstrak merupakan ringkasan dari keseluruhan isi naskah yang harus berisi latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Abstrak terdiri dari 100-150 kata yang ditulis dalam bahasa Indonesia dengan jenis huruf Times New Roman dan ukuran font 11. Kata kunci diketik Italic, ukuran font 11, ditulis dalam Bahasa Indonesia.

>   Nama penulis ditulis tanpa disertai gelar akademik. Apabila naskah dibuat lebih dari satu orang (Tim), maka editor akan berkomunikasi dengan penulis utama.

>   Naskah jurnal disusun menjadi beberapa bagian, tersusun dari; a) Pendahuluan : Latar belakang, identifikasi masalah, tinjauan pustaka, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. b) Metode : Deskripsi alat dan bahan dalam penelitian, prosedur kerja, dan analisis yang dilakukan. c) Hasil dan Pembahasan: Berisi hasil penelitian atau hasil analisis, dan dapat dibagi menjadi beberapa sub-bagian. d) Kesimpulan : ditulis pada bagian akhir dalam bentuk paragraf atau dipisahkan dan diberi nomor. e) Ucapan terima kasih (Bila ada) : Berisi ucapan terima kasih kepada perorangan, lembaga atau pimpinan lembaga yang ikut berperan dalam penyelesaian naskah jurnal. e) Referensi : ditulis berurutan sesuai dengan gaya kutipan IEEE. Referensi dapat bersumber dari buku dan artikel ilmiah seperti jurnal atau prosiding, yang terbit dalam 10 tahun terakhir.

>   Naskah yang diusulkan harus bebas dari unsur plagiasi dan pemalsuan data.

>   Apabila dalam proses review terjadi revisi dari reviewer, maka penulis wajib merevisi naskah sesuai dengan batas waktu yang ditentukan oleh Editor.

>   Jurnal ini bersifat terbuka (bebas akses), dan proses pengajuan sampai penerbitan jurnal bebas biaya administrasi.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.