DINAMIKA KOMUNITAS BAKTERI DAN RAGI PADA PROSES PENGOLAHAN KOPI ROBUSTA DENGAN PEMROSESAN BASAH (WET): PENAPISAN ISOLAT DOMINAN

PENAPISAN ISOLAT DOMINAN

  • Windy Natalia Nusaly Institut Teknologi Bandung
  • Kresyan Pentury
Keywords: Kata kunci: komunitas mikroba, kopi robusta, wet process.

Abstract

Jenis pengolahan kopi berdampak secara langsung terhadap komunitas mikroba yang terdapat di dalamnya serta kualitas kopi yang dihasilkan. Pengolahan kopi dengan proses basah (wet) diketahui dapat menghasilkan kopi dengan profil aroma dan citarasa yang baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui profil komunitas mikroba serta menentukan mikroba dominan yang terlibat dalam pengolahan kopi Robusta menggunakan proses basah. Metode yang digunakan yaitu isolasi mikroba, perhitungan indeks keanekaragaman (H) dan dominansi (D) dan kemerataan (E) serta penapisan mikroba berdasarkan aktivitas enzimatisnya. Hasil isolasi diperoleh komunitas ragi (51,7%) dengan jumlah yang lebih tinggi dibandingkan komunitas bakteri (48,3%). Komunitas mikroba pada pengolahan basah kopi Robusta memiliki indeks keanekaragaman jenis (H’) = 2,48, kemerataan (E) = 0,74 dan dominansi (D) = 0,17. Hasil penapisan isolat melalui uji enzimatis menunjukan isolat bakteri B10 dan ragi Y2 terpilih sebagai isolat dominan dan dapat digunakan sebagai kultur starter dalam proses fermentasi terkontrol.


Kata kunci: komunitas mikroba, kopi robusta, wet process.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-01
How to Cite
[1]
NusalyW. and PenturyK., “DINAMIKA KOMUNITAS BAKTERI DAN RAGI PADA PROSES PENGOLAHAN KOPI ROBUSTA DENGAN PEMROSESAN BASAH (WET): PENAPISAN ISOLAT DOMINAN”, RPBJ, vol. 2, no. 2, pp. 008-015, Oct. 2020.