Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Abstract
Kemampuan literasi matematika adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai situasi, termasuk kemampuan mengambil keputusan yang tepat dengan memanfaatkan konsep, prosedur, dan fakta matematika untuk menjelaskan dan menggambarkan masalah sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan literasi matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-kualitatif, dimana analisis data kuantitatif dilakukan untuk mendeskripsikan tingkat literasi siswa, sedangkan analisis kualitatif bertujuan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa dalam literasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis 26 siswa adalah 2 siswa (7,69%) berada pada kategori tinggi, 10 siswa (38,46%) kategori sedang dan kategori rendah sebanyak 14 (53.84%) siswa. Artinya, kemampuan literasi matematika siswa SMP kelas VIII tergolong sangat rendah. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa, kelemahan siswa terletak pada kemampuan matematisasi, representasi, kemampuan penalaran dan argumentasi serta kemampuan menggunakan bahasa dan operasi simbolis, formal dan teknis. Kemampuan ini dimiliki siswa namun sangat lemah.
Downloads
Copyright (c) 2025 Sora Journal of Mathematics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.