UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS BAHASA JERMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 2 SALAHUTU KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH

  • Evelyn Latuhihin
Keywords: Hasil belajar membaca dan menulis, bahasa Jerman, Model pembelajaran, Discovery Learning.

Abstract

Penelitian yang merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis bahasa Jerman bagi siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas X SMA Negeri 2 Salahutu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Dengan menempuh 3 (tiga) siklus penerapan model pembelajaran Discovery Learning, akhirnya diperoleh peningkatan hasil belajar dalam kemampuan membaca dan menulis bahasa Jerman. Sebagai bukti tingkat keberanian siswa mengemukakan pendapat meningkat menjadi 85%, sebelumnya pada siklus 1 hanya 37%., dan 70.% sikulus 2. Tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat dari 42% pada sikulus 1, 70 % siklus 2 menjadi 85%, dan tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas saat proses pembelajaran meningkat dari 40% pada siklus 1, dan pada siklus 2 =73 % menjadi 85%. Data hasil analisis data menunjukkan bahwa pada tes terakhir hanya 1 siswa yang belum mencapai KKM sedangkan semua siswa yang lain sudah mencapai KKM

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-14
How to Cite
Latuhihin, E. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS BAHASA JERMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 2 SALAHUTU KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH. JURNAL TAHURI, 15(2), 45-62. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/tahuri/article/view/1111