EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KERJA KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA SMA NEGRI 7 AMBON

  • Jolanda Tomasouw
Keywords: Kualitas Proses Pembelajaran, Kerja kelompok

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas X IPS2 SMAN 7 Ambon melalui model pembelajaran koperatif berbasis kerja kelompok. Subjek penelitian  adalah siswa kelas X IPS2 SMAN 7 Ambon yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 3 bulan (Agustus sampai Oktober 2018 ( delapan kali pertemuan). Data dikumpulkan melalui beberapa cara yakni observasi kelas, dan angket untuk menilai kualitas proses pembelajaran. Data dianalisis secara kuantitatif. Salah satu aspek yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jerman yaitu  kemampuan guru mengelola  kelas terutama dengan   kerja kelompok (interaksi social). Hasil penelitian memberi gambaran bahwa kerja kelompok memberikan hasil yang baik terhadap peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Jerman. Hal tersebut dilihat dari hasil  penilaian angket dan hasil tes yang dinilai baik pada pertemuan pertama sampai pada pertemmuan terakhir dimana terlihat adanya progress yang meningkat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-15
How to Cite
Tomasouw, J. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KERJA KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA SMA NEGRI 7 AMBON. JURNAL TAHURI, 16(1), 31-35. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/tahuri/article/view/1120

Most read articles by the same author(s)