EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KERJA KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA SMA NEGRI 7 AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas X IPS2 SMAN 7 Ambon melalui model pembelajaran koperatif berbasis kerja kelompok. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS2 SMAN 7 Ambon yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 3 bulan (Agustus sampai Oktober 2018 ( delapan kali pertemuan). Data dikumpulkan melalui beberapa cara yakni observasi kelas, dan angket untuk menilai kualitas proses pembelajaran. Data dianalisis secara kuantitatif. Salah satu aspek yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jerman yaitu kemampuan guru mengelola kelas terutama dengan kerja kelompok (interaksi social). Hasil penelitian memberi gambaran bahwa kerja kelompok memberikan hasil yang baik terhadap peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Jerman. Hal tersebut dilihat dari hasil penilaian angket dan hasil tes yang dinilai baik pada pertemuan pertama sampai pada pertemmuan terakhir dimana terlihat adanya progress yang meningkat
Downloads
Dilarang menjiplak atau memperbanyak naskah untuk kepentingan apapun juga, terima kasih